Peran Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Main Article Content

Supartilah Supartilah
Pardimin Pardimin

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan peran kepala sekolah: 1) peran kepala sekolah sebagai edukator, 2) peran kepala sekolah sebagai manajer, 3) peran kepala sekolah sebagai administrator, 4) peran kepala sekolah sebagai supervisor, 5) peran kepala sekolah sebagai leader, 6) peran kepala sekolah sebagai inovator, 7) peran kepala sekolah sebagai motivator, 8) gaya kepemimpinan, 9) faktor pendukung dan penghambat dan 10) pencapaian hasil. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di SD Negeri Percobaan 2 Kecamatan Depok. Sumber data antara lain kepala sekolah, tenaga pendidik, komite dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran kepala sekolah sebagai pendidik yaitu meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. 2) peran kepala sekolah sebagai manajer  yaitu mengelola, melaksanakan dan mengatasi masalah, 3) peran kepala sekolah sebagai administrator yaitu mengelola kegiatan administarsi sekolah, 4) peran kepala sekolah sebagai supervisor yaitu mengawasi kegiatan supervisi, 5) peran kepala sekolah sebagai leader yaitu menjadi komunikasi dan menciptakan kondisi kondusif, 6) peran kepala sekolah sebagai inovator mengembangkan pembelajaran dan menciptakan program, 7) peran kepala sekolah sebagai motivator yaitu memberikan motivasi kepada tenaga pendidik dan peserta didik 8) gaya kepemimpinan yang demokratis, 9) faktor pendukung yaitu sumber daya manusia dalam hal ini tenaga pendidik dan peserta didik, sarana prasarana dan dukungan yang diberikan wali murid, sedangkan faktor penghambat yaitu kendala ketidakstabilan kekuatan internet, dan 10) pencapaian hasil di SD Negeri Percobaan 2 Kecamatan Depok sudah baik

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021

References

Amaliyah, K., & Suwanda, I. M. (2018). Pendapat Guru Tentang Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Kajian Moral Dan Kewarganegaran, 06(03).

Asih, D. (2021). Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Dasar. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(2), 205–214.

Budiarsa, H. (2017). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Dengan Keterbatasan Animo Siswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/54978/12/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Devi, S. G. (2019). Pelaksanaan Peran Kepala Sekolah sebagai Pendidik (educator) di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Universitas Negeri Padang. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25439

Dharmawan, D. (2019). Peran Kepala Madrasah Sebagai Inovator Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTS Pelita Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. UIN Raden Intan Lampung.

Fitri, Z. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator dan Manager di TKIT Qurrata ’Ayun Bengkulu Selatan. Jurnal Manajer Pendidikan, 14(3). https://doi.org/E-ISSN 2623 0208

Jannah, L. K. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 : Perspektif Manajemen Pendidikan. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 129–139.

Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 5(2), 24–38.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional (12th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiara, C. A. H., Djasmin, S., & Suntoro, I. (2018). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDIT Baitul Jannah, 1–9.

Puspitasari, & Salsabila, A. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Rohmah, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pemerintah Desa Banjarwaru Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. STIE Widya Gama Lumajang. Retrieved from http://repository.stiewidyagamalumajang.ac.id/id/eprint/714%0A

Rokhani, C. T. S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah di SDN Dengkek 01 Pati. Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar), 1(2), 1–8. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2

Sawitri, N. W. (2020). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SDN Kagokan 01. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/86851/15/Naskah Publikasi pt 2.pdf

Sri, D. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru di MIN 9 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden INtan Lampung.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Trinova, Z., Syam, A., & Nini. (2020). Kepemimpinan Dosen Pendidikan Islam Pada Era Revolusi Industri 4.0. PRODU, 2(1), 11–27.

Yuliana, Y. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 18/III Tarutung Kabupaten Kerinci. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2), 168–182.