EDUKASI ONLINE “BABY MASSASE” UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN BAYI DAN ANAK

Authors

  • Selasih Putri Isnawati Hadi
  • Sri Wahyuni
  • Anggraini S. Gailea
  • Sri Devi A.
  • Febrianti Dwi A.
  • Nada Pradana P.
  • Sabila Aufia A.

Keywords:

Edukasi Online, Baby Masasse, Bayi dan Anak

Abstract

Usia 5 tahun merupakan periode emas bagi anak. Oleh karenanya stimulasi sangat perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu bentuk stimulasi tersebut adalah dengan melakukan baby massase. Baby Massase sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan bayi, meningkatkan kecerdasan, memelihara kesehatan bayi, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kualitas tidur bayi, meningkatkan berat badan bayi dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan bayi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi peserta pengabdian masyarakat tentang stimulasi tumbuh kembang bayi dengan baby massase. Kegiatan ini dilakukan secara online menggunakan media modul elektronik pijat bayi via zoom meeting dengan sasaran seluruh masyarakat terutama yang memiliki bayi balita. Hasil kegiatan ini menunjukkan para peserta sangat antusias untuk memahami baby massase dan aktif mengikuti kegiatan ini dengan melakukan diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini sukses dilaksanakan berkat partisipasi aktif dari seluruh peserta.

References

Prabhakara G. Health Statistics (Health Information System). Short Textbook of Preventive and Social Medicine. 2010. 28–28 p.

Sadiman I. Efektifitas Pijat Bayi terhadap Peningkatan Berat Badan, Lama Waktu Tidur dan Kelancaran Buang Air Besar. J Kesehat Metro Sai Wawai. 2019;12(2):9–16.

Masriadi. Efektivitas Pijat Terhadap Kualitas Tidur Bayi (0 -1 Tahun) Di PMB Hasna Dewi Tahun 2020. Ensiklopedia J Peranc. 2021;2(2):155–64.

Ardhiyanti Y, Israyati N. The Effect of Massage Therapy in Overcoming Constipation in Infants Aged 7-12 Months. 2021;9(2):228–31.

Fauziah A, Wijayanti HN. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Dan Kualitas Tidur Bayi Di Puskesmas Jetis Yogyakarta. PLACENTUM J Ilm Kesehat dan Apl. 2018;6(2):14.

Putro N saputri. Pentingnya Manfaat Pijat Bayi Pada Bayi Usia 0 -12 Bulan. Din J Pengabdi Kpd Masy. 2019;3:49–52.

Suarsyaf HZ, Wulan D, Rw S, Kedokteran F, Lampung U, Epidemiologi B, et al. Asuhan Keperawatan Anak. 2005.

Published

2021-10-23