PENGARUH DIMENSI MUTU PELAYANAN RADIOLOGI TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PEMERIKSAAN THORAX DI RSUD WONOSARI

Authors

  • Siti Arifah
  • Alpha Olivia Hidayati

Keywords:

Tangible, Reliability, Responsiveness, Asurance, Empaty

Abstract

Mutu pelayanan merupakan derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya yang tersedia di rumah sakit atau puskesmas secara wajar, efisien, efektif serta diberikan secara aman dan memuaskan sesuai norma, etika, hukum, dan sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemeintah, serta masyarakat konsumen. Kepuasan pasien sebagai pengguna jasa merupakan salah satu indikator dalam menilai mutu pelayanan di instalasi radiologi. Kepuasan yang tinggi akan menunjukkan keberhasilan instalasi radiologi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu. Tujaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi mutu pelayanan radiologi pada pemeriksaan foto thorax terhadap kepuasan pasien di RSUD Wonosari. jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analitik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner dengan sample sebanyak 50 responden. Selanjutnya, data akan diolah menggunakan aplikasi SPSS untuk menggetahui pengaruh dimensi mutu (Tangible, Reliability, Assurance,Responsiveness, dan Empaty ) terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara bivariat, hasil penelitian terdapat dua dari lima dimensi mutu tidak signifikan atau tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien yaitu tangible 0.226 dan assurance 0.06 > 0.05, adapun dimensi lain yaitu reliability 0.032, responsiveness 0.033, dan empaty 0.032 < 05 yang berarti ketiga dimensi tersebut signifikan atau berpengaruh terhadap kepuasan pasien , nilai R square sebesar 0.203 atau 20.3%. sisanya sebesar 79.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini Kepuasan pasien di Instalasi radiologi RSUD Wonosari masih rendah, yaitu masih 20,3 % yang menyatakan puas dengan pelayanan di instalasi radiologi RSUD Wonosari.

References

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, A. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 1996

Bambang Satoto, Analisis pengaruh persepsi tentang mutu pelayanan USG Radiodiagnostik Privgate terhadap kepuasan pasien Paviliun Garuda di Instalasi Radiologi RSUP Dr. Karyadi Semarang, Tesis Program Magister Administrasi Rumah Sakit UNDIP, 2008 (tidak di publikasikan)

Chitami. Widya., 2013. Analisis persepsi mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD langsa, Tesis USU

Darmadi,Hamid.2011.Metode penelitian pendidikan.Bandung: Alpabeta.Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta, 2009

Depkes RI. 2004. Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1197/Menkes/SK/II/2004. Tentang Standar Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit. Jakarta

Donabedian, A. The Quality of Care, How Can It Be Assesed? Quality Assurance in Hospitals, Strategies for Assessment and Implementation, Nancy O.Graham (Ed), Second Edition, Rockville Maryland, An Aspen Publication.1990

Hermiati, H., Hutapea, F., & Wiyono, T. (2017). Analisa Waktu Tunggu Pelayanan Radiologi RS Santa Elisabet Batam. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 1(1), 42-50.

Imleda. 2018. Pengaruh Mutu Pelayanan Keperawatan Di RSU Sinar Husni Medan. Jurnal Ilmiah Kebidanan Vol 4 No1.

Kepmenkes. 2008. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/MENKES/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1014 Tahun 2008 tentang StandartPelayanan Radiologi Diagnostik di Sarana Pelayanan Kesehatan . 2008. Jakarta.

Kriyantono, R. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenadamedia Group. Jakarta.

M. Sofyan. 2012. Pengaruh Dimensi Mutu Pelayanan Radiologi Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pemeriksaan Thorax Di RSUD Sunan Kalijaga Demak. (tidak dipublikasikan).

Margono. (2010). Metodologi Peneltian. Jakarta: PT Renika Cipta

Marti Rustanti, Hubungan Karakteristik Dan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Fisioterapi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Fosioterapi Pada RS Prof DR. R. Soeharso Surakarta, Tesis Program Magister Administrasi Rumah Sakit UNDIP, 2003 (tidak di publikasikan).

Milton I Roemer dan C Montoya Aguilar., Mutu Pelayanan Kesehatan WHO, 1988

Muninjaya, G.A.A., 2004. Manajemen Kesehatan, Edisi 2, Denpasar, Bali:EGC.

Nepe. Mudayanti & Susmini. 2017. Hubungan Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuaan Pasien peserta BPJS Di Rumah Sakit Umum Derah Kefamenanu Kabuaten Timur Tengah Utara. Nursing News, Volume 2, Nomor 2, 2017, Hal. 503-513.

Nooria,2008.LayananPelanggan,Gresindo,Jakarta

Notoatmodjo, (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.

Parasuraman, A., Zeithaml, Valerie, Beny, Leonard. 2006. Kualitas Pelayanan. Jakarta: Penerbit FK UI.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, edisi II, Indeks, Jakarta 2005

Pohan, Imbalo S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit EGC.

Soenaryo, Jason. 2015. Analisis Pengaruh Responsiveness, Reliability, Assurance, Empaty, Dan Tangible Agen PT AJ Sequislife Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cabang Surabaya-Trusty. Program Studi Manajemen. Universitas Kristen Petra. AGORA Vol.3,No 1.

Toruan Eka. 2017. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Ina Di Rumah Sakit Pelabuhan Medan (Prima Husada Cipta). Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatra Barat.

Yusri, M. (2018). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tunggu Pemeriksaan Foto Toraks Pasien Rawat Jalan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia.

Zeithaml VA., Parasuraman A., Berry LL. Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. The Free Press, Ney York, 1990.

Published

2021-10-23