PELATIHAN MINDSET BERWIRAUSAHA BAGI GURU DAN CALON UMKM GUNA MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PENDAPATAN PASCAPANDEMI COVID-19

Authors

  • Setiabudi Sakaria

Keywords:

Pelatihan, mindset berwirausaha, guru dan calon UMKM, Pendapatan, Covid19

Abstract

Di tengah pandemi Covid-19 yang tidak dapat dipastikan saat ini, pastilah berdampak pada masyarakat dan tidak sedikit dari mereka yang kesulitan ekonomi sehingga mempengaruhi tarap hidup mereka. Ada sebagian kecil yang mau berubah dan kreatif mengatasi situasi ini, tetapi tidak sedikit pula guru dan calon UMKM ikut merasakan kejadian serba sulit ini. Pengabdian kepada masyarakat menantang untuk berupaya membentuk sinergitas antara Perguruan Tinggi, Komunitas, Pemerintah dan Industri agar dapat bersinergi untuk meningkatkan kerjasama dan penghasilan hidup mereka. Sebagai insan pendidik yang memiliki berbagai bidang ilmu dan melaksanakan Tri Dharma PT, sekelompok Dosen kewirausahaan STIKI Malang telah memberikan pelatihan untuk Guru, dan juga lembaga sosial nirlaba serta calon UMKM agar mereka memiliki mindset berwirausaha melalui pelatihan secara online. Pelatihan berupa menemukan ide bisnis, memasarkan produk secara digital melalui sosial media, blog / website serta pemasaran produk. Pelatihan ini bertahap yang diawali pembekalan pengetahuan dan sumber daya manusia dengan memberikan webinar gratis untuk mengubah mindset atau jiwa kewirausahaan mereka, kedua adalah tahap pembuatan blog/website dan promosi dalam sosial media masing-masing peserta dan pemasaran digital produk hingga memperoleh hak paten yang diharapkan menembus hingga pasar Internasional. Dengan berbagai Program pelatihan dan publikasi ke jurnal pengabdian masyararkat diharapkan dapat membentuk kerjasama gayung bersambut dalam meningkatkan karakter wirausaha mulai dari kemandirian, keberanian, kesiap dan kesigapan, kejujuran, sebagai modal alternatif dalam upaya peningkatan kreativitas, pengetahuan, wawasan dan pendapatan mereka selain modal dasar dalam profesi keguruan/misi sosial dan para UMKM.

References

Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Kartawan, K., Rinandiyana, L., & Kurniawan, D. (2016). Pengembangan Usaha Melalui Peningkatan Kemampuan Bersaing Produk Umkm Dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 21(2), 178694. https://doi.org/10.35760/eb.

Malangkota.go.id. (2019). UMKM Arsip - Pemerintah Kota Malang. Retrieved September 2, 2021, from https://malangkota.go.id/tag/umkm/

Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134

Published

2021-10-23