PERANCANGAN DESAIN KEMASAN “TIWUL CAKE“ PRODUKSI BU MINAH SNACK DENGAN APLIKASI TEORI RETORIKA VISUAL DAN GAYA DESAIN GRAFIS
Keywords:
Kemasan, Retorika Visual, Gaya Desain Grafis, UMKMAbstract
Ragam UMKM kuliner di Kabupaten Sleman secara garis besar terbagi atas jenis produk olahan makanan modern dan olahan makanan tradisional. Salah satu olahan kuliner tradisional yang unik dan menarik adalah “Tiwul Cake” produksi Bu Minah Snack. Makanan tradisional Tiwul berbahan dasar singkong sangat menarik & terasa lezat saat disajikan dalam bentuk cake. Keunggulan produk “Tiwul Cake” tidak didukung dengan desain kemasan yang tepat, kemasan yang digunakan hanya kemasan polosdan sederhana berwarna coklat. LP2M STSRD VISI bekerjasama dengan Rumah Kreatif Sleman (RKS) merancang program “Sumbangsih Kreatif Desain Kemasan untuk UMKM Sleman Tangguh”. Program pengabdian masyarakat dimasa pandemi ini bertujuan untuk meningkatkan branding produk UMKM terpilih di Kabupaten Sleman. Desain Kemasan dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif. Wawancara dilakukan pada pemilik UMKM untuk menggali lebih mendalam perjalanan hidup membangun usahanya. Hasil analisis data kemudian menjadi dasar aplikasi teori Retorika Visual & teori Gaya Desain Grafis pada tampilan visual desain kemasannya. Hasil program berupa 2 desain kemasan kreatif yang berbeda konsep dan tampilan desainnya. Diharapkan desain kemasan tersebut mampu meningkatkan daya jual produk “Tiwul Cake” Bu Minah.
References
Josephson, S., Kelly, J. D., & Smith, K. (2020). Handbook of visual communication: Theory, methods, and media. Handbook of Visual Communication: Theory, Methods, and Media, 1– 494. https://doi.org/10.4324/9780429491115
Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Penggunaan Visual Retorika Oleh Fotografer Dalam Proses Penyampaian Pesan Melalui Foto Human Interest. 4(2), 1–15.
Riyanto, B. (2005). Gaya Indies : Gaya Desain Grafis Indonesia Tempo Doeloe. Nirmana, 7(2), 134–143.