PENDAMPINGAN GURU DALAM PENYUSUNAN SSP TEMATIK BERBASIS LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM DI SD N DEMAKIJO 1

Authors

  • An-Nisa Apriani
  • Deden Hardan Gutama
  • Asti Nurvirgniawati
  • Isti Septiyani

Keywords:

SSP, Tematik, Living Values Education Program

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan meningkatkan keterampilan guru SD N Demakijo 1 Gamping Sleman dalam menyusun SSP Tematik berbasis Living Values Education Program (LVEP). Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu ceramah, tanya jawab, praktek, pendampingan, dan microteaching. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Partisipasi dan antusiame guru-guru dalam kegiatan sangat baik, kelompok mitra berkontribusi aktif dalam pengadaan keperluan pelatihan serta aktif berbagi pengalaman dalam menyusun SSP Tematik berbasis LVEP. Dampak dari kegiatan pelatihan mampu meningkatkan keterampilan guru-guru dalam menyusun SSP tematik berbasis LVEP berupa RPP, LKPD, dan PPT serta menerapkan LVEP dalam pembelajaran tematik. Kegiatan workshop di SD N Demakijo 1 Gamping Sleman sangat bermanfaat bagi guru-guru dan diharapkan dapat berkelanjutan. Kegiatan ini diperoleh hasil bahwa 90% guru terampil dalam menyusun SSP tematik berbasis LVEP yang mencakup RPP dengan skor rata-rata 82,4, LKPD dengan skor rata-rata 84, dan PPT dengan skor rata-rata 85. Selanjutnya, keterampilan guru dalam menerapkan LVEP dalam pembelajaran tematik diperoleh skor rata-rata 87,4.

References

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Basicedu, 2(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.138

Anugrahana. (2019). Hambatan Guru Sd Dalam Penyusunan Spp (Subject Specific Pedagogy) Spkurikulum Baru Di Sekolah Dasar. Satya Widya, 35(2), 86–97. https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/2803

Apriani, A.-N. (2019). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).116-128

Apriani, A.-N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD Dalam Pembelajaran Tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1947

Apriani, A.-N., & Wangid, M. N. (2015). Pengaruh SSP Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4061

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak COVID-19 Di SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar).

Sari, I. perdana, & Apriani, A. (2020). Pengembangan SSP Tematik Integratif Berbasis LVEP Untuk Penguatan Karakter Nasionalisme Peserta Didik SD. 7, 132–140.

Tillman, D. (2004). Living values activities for children ages 8-14 Terjemahan Adi Respati dkk (cetakan I). Grasindo.

Published

2021-10-23