PENYULUHAN DAMPAK PEMAKAIAN INTERNET BAGI ANAK-ANAK UNTUK RT 05/RW 02 DUSUN SAMIRONO, CATURTUNGGAL

Authors

  • Landung Sudarmana
  • Titik Rahmawati
  • Agung Priyanto

Keywords:

Pandemi Covid-19, Daring, penyuluhan, Internet, anak, orang tua

Abstract

Pandemi Covid-19 yang berlangsung lama mengakibatkan berbagai perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan, terutama proses kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar berubah dari yang semula tatap muka di kelas menjadi tatap muka secara daring untuk memenuhi protokol kesehatan. Proses belajar mengajar secara daring memerlukan perangkat teknologi informasi berbasis internet. Pemakaian teknologi informasi berbasis internet sebagai salah satu solusi bidang pembelajaran untuk anak- anak memiliki dampak positif, yaitu mempermudah mencari dan memahami materi melalui browsing berbagai sumber materi dari internet sehingga menjadikan proses belajar anak-anak santai dan fleksibel, akan tetapi, pemanfaatan teknologi informasi tersebut juga mengandung dampak negatif yang besar, karena anak bisa mengakses semua konten yang ada di internet termasuk konten dewasa dan kekejaman. Maka, untuk mengontrolnya diperlukan peran dan tanggung jawab orang tua. Orang tua seharusnya memiliki kesadaran untuk menjaga generasi, salah satunya adalah dengan mengawal proses kegiatan pembelajaran anak secara daring sebagai tanggung jawabnya. Orang tua merupakan panutan semua anak di dalam sebuah keluarga. Apa yang dilakukan baik secara perkataan maupun perbuatan akan diikuti dan ditaati, termasuk hal pemanfaatan dan pemakaian internet, sehingga orang tua harus mempunyai pemahamanan cara berinternet yang positif bagi anak-anaknya. Untuk itu, solusinya memberikan penyuluhan secara daring melalui group-group RT (rukun tetangga) pada dusun Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman. Setelah terlaksananya penyuluhan dampak pemakaian internet bagi anak-anak, kepada orang tua, diharapkan dapat lebih menyadarkan orang tua akan tanggung jawab dalam mengawal pendidikan dan perkembangan anak-anaknya, dan memberikan bekal bagaimana cara mengontrol anak-anak saat menggunakan internet agar sesuai dengan norma dan ajaran agama.

References

Karlina, D.A., Aeni, A.N., & Syahid, A.A. (2020). Mengenal Dampak Positif dan Negatif Internet untuk Anak pada Orang Tua. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat No. 1 (2), 53-56. Bandung: UPI.

Kurniawan, R., Alhakim, A., Angela, Safero, B., Valeria, J., & Agelina, S. (2021). Penggunaan Internet Sehat dan Aman di Kalangan Masyarakat dan Pelajar. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat No. 2 (4), 15-21. Batam: UIB.

Puspitasari, T., Maulida, R., Tanjung, T., Hardi, T., & Haryono, W. (2019). Penggunaan Internet Sehat dan Aman di Era Milenial SMK PGRI 31 Legok. Jurnal Kommas Jurnal Pengabdian Masyarakat No. 1 (1), 41-50. Bandung: UP.

Wicaksono, D., Rakhmawati, Y., & Suryandari, N. (2021). Pelatihan Cerdas Berinternet bagi Orang Tua di Desa Burneh Bangkalan. Jurnal Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Masyarakat No. 2 (5), 137-5143. Madura: UT.

Published

2021-10-23