PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENUTUR BAHASA DESTINASI KAWASAN WISATA MANDEH KABUPATEN PESISIR SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Gus Andri
  • Yun Candra

Keywords:

pendidikan dan pelatihan, kawasan Pulau Mandeh, relawan nagari

Abstract

Objek wisata merupakan kawasan rekreasi bagi wisatawan, diantaranya adalah kawasan wisata pulau Mandeh, pulau pagang, pulau marak, pulau sironjang , pulau cubadak dan sekitanya dengan luas 579.495 Ha terletak di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, namun kawasan tersebut kurangnya penutur bahasa (terutama penutur bahasa asing) sebagai relawan nagari (desa) yang mampu menjelaskan informasi dan komunikasi penyampai pesan kepada penerima pesan (wisatawan) tentang kawasan pulau mandeh dan sekitarnya, tujuan kegiatan pengabdian ini memberikan pendidikan dan pelatihan (praktik) penutur bahasa kepada sekelompok relawan nagari di Kabupaten Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah workshop, fokus diskusi kelompok dan praktik lapangan dengan melatih relawan nagari sebagai penutur bahasa kawasan mandeh. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah pengetahuan dan keterampilan bagi penutur bahasa relawan nagari yang memiliki kompetensi menjelaskan informasi dan komunikasi kepada wisatawan di kawasan pulau mandeh.

References

Antomi, Y., Mariya, S., & Rahmi, L. (2018). Wisata Ramah Lingkungan di Kawasan Mandeh. Jurnal Georaflessia, 3(2), 49–55.

Rasyadi, V., & Nasdian, T. (2021). Hubungan Tingkat Partisipasi Masyarakat dengan Dampak Ekonomi Lokal Dalam Pengembangan Kawasan Wisata Mandeh (Kasus: Kampung Baru, Nagari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 05(02), 360–372.

Wijaksono S. 2013. Pengaruh Lama Tinggal terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Permukiman. ComTech Journal. 4(1): 24-32.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Pesisir Selatan, (2019). Potensi daerah wisata bahari di kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesisir Selatan, (2020), Kecamatan Koto XI Tarusan dalam angka, publikasi tahunan yang diterbitkan secara berkala di kabupaten pesisir selatan.

Siti Fatimah, 2017, https://jabar.tribunnews.com/2017/11/15/bahasa bisa tingkatkan- kualitas layanan pariwisata target 20 juta wisman pada 2019?page=2.

Sudana, I. W. (2014). Penggunaan Bahasa Indonesia oleh Penutur Asing di Daerah Tujuan Wisata di Bali.

Published

2021-10-23