OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU-GURU SE-DIY DAN JAWA TENGAH

Authors

  • Setuju
  • Siti Mariah

Keywords:

Abdimas, Workshop, media pembelajaran interaktif, PPG

Abstract

Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan wawasan dan keterampilan guru dalam penggunaan berbagai aplikasi dan platform pembelajaran daring; (2) meningkatkan kualitas pembelajaran (daring); dan (3) menyiapkan guru-guru mengikuti Program PPG. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah guru-guru se-DIY dan Jawa Tengah, khususnya guru-guru SD dan guru-guru yang akan mengikuti program PPG dengan jumlah peserta 115 orang. Waktu kegiatan pada Bulan Juli 2021 secara virtual menggunakan platform zoom dengan durasi waktu setara 40 JP. Kegiatan dilaksanakan melalui metode: demonstrasi, tutorial, drill-practice, serta pendampingan oleh instruktur. Dari kegiatan ini diperoleh hasil: (1) meningkatnya pengetahuan dan wawasan guru-guru dalam penggunaan berbagai aplikasi dan platform pembelajaran daring; (2) meningkatnya keterampilan guru-guru dalam penggunaan aplikasi G-Suite, Google Workspace, Educandy, PPT Interaktif, dan editing video pembelajaran; (3) meningkatkan motivasi guru-guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dan (4) meningkatnya kesiapan guru-guru mengikuti program PPG. Kegiatan Abdimas  ini  berjalan  dengan  lancar, peserta sangat antusias dan praktik mandiri menghasilkan 120 produk quiz, 123 game edukatif, 113 PPT interaktif dan 73 video pembelajaran. Dengan demikian kegiatan ini dapat berkontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas Pembelajaran. Luaran kegiatan, selain artikel publikasi, juga berbentuk modul tutorial penggunaan G-Suite, Google Workspace, Educandy, PPT interaktif, dan tutorial editing video pembelajaran serta produk media pembelajaran interakktif hasil latihan peserta yang siap digunakan dalam pembelajaran.

References

Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77. https://media.neliti.com/media/publications/153834-ID-pengembangan-media-pembelajaran-interakt.pdf

Astuti, N., Nurhayati, N., Yuhafliza, Y., Nurmina, N., & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Guru Sma Negeri 2 Dewantara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 445–457. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4147/pdf

Farisa, F. C. (2021). PPKM Darurat Jawa-Bali: Kegiatan Belajar Mengajar Wajib Daring. https://nasional.kompas.com/read/2021/07/01/13021161/ppkm-darurat-jawa-bali-kegiatan-belajar-mengajar-wajib-daring

Lia Titi Prawanti, & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/603/521

Nugraheny, D. E. (2021). PPKM Darurat Jawa-Bali Berakhir Hari Ini, Akankah Diperpanjang? https://nasional.kompas.com/read/2021/07/20/07054491/ppkm-darurat-jawa-bali-berakhir-hari-ini-akankah-diperpanjang?page=all

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Surjono Herman Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. In UNY Press (Issue April 2017). https://www.researchgate.net/publication/332444168_Multimedia_Pembelajaran_Interaktif_Konsep_dan_Pengembangan

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171–172. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/28847/16778

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–118. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PJAH/article/download/2185/1614

Yolanda, S. (2020). PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN KELAS DARING (ONLINE) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 22/IV KOTA JAMBI [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI]. http://repository.uinjambi.ac.id/5200/1/SKRIPSI CIKA %28LENGKAP%29 WATERMARK.pdf

Published

2021-10-23