SOSIALISASI CYBERBULLYING PADA ANAK

Authors

  • Flora Grace Putrianti
  • Astuti Wijayanti
  • Katarina June Fernandez
  • Abdul Zilzalaliwal

Keywords:

sosialisasi, cyberbullying, anak

Abstract

Maraknya perilaku cyberbullying pada anak saat ini tentu mengakibatkan keresahan pada sebagian besar orang tua. Pesatnya informasi dan teknologi menambah fokus tersendiri bagi orang tua untuk tetap dapat mendampingi anak dalam pembelajaran daring di masa pandemic ini. Anak tidak lepas dari smartphone yang merupakan salah satu fasilitas pendukung dalam pembelajaran daring. Namun orang tua tidak dapat selamanya mendampingi anak dalam mengendalikan smartphonenya karena kesibukan masing-masing sehingga anak rawan terhadap perilaku cyberbulling baik sebagai pelaku maupun korban. Oleh sebab itu diperlukan kegiatan sosialisasi cyberbullying pada anak yang bertujuan agar orangtua memahami mengenai cyberbullying dan melakukan usaha preventif cyberbullying pada anak. Metode partisipasif melalui Whatsapp Grup dipilih dalam pengabdian masyarakat ini, sehingga memudahkan peserta mendapatkan informasi dan membuka pikiran orangtua terhadap cyberbullying pada anak. Hasil dari sosialisasi ini adalah meningkatnya pemahaman dan pengetahuan orangtua di Kelurahan Muja Muju RT. 36 RW. 10, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta sosialisasi memahami tentang dampak negatif cyberbullying dan usaha preventif untuk mencegah cyberbullying pada anak.

References

Dewi, H. A., Suryani, S., & Sriati, A. (2020). Faktor faktor yang memengaruhi cyberbullying pada remaja: A Systematic review. Journal of Nursing Care, 3(2). https://doi.org/10.24198/JNC.V3I2.24477, (Online), diakses 1 September 2021

Firdausya. Ihfa. (16 April 2021). Survei: 87% Anak Indonesia Main Medsos Sebelum 13 Tahun. https://mediaindonesia.com/humaniora/398511/survei-87-anak-indonesia- main-medsos-sebelum-13-tahun, diakses 1 September 2021

Pandie, M., Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar. Jurnal Jaffray, 14(1), 43–62. https://doi.org/10.25278/jj71.v14i1.188, (Online), diakses 1 September 2021

Pratama, K.R. (29 Maret 2021). Instagram, Media Sosial Pemicu “Cyberbullying” Tertinggi. https://tekno.kompas.com/read/2021/03/29/07164137/instagram-media- sosial-pemicu-cyberbullying-tertinggi, diakses 1 September 2021

Komalasari, G., Nabilah, N., & Wahyuni, E. (2012). Studi Perilaku Cyberbullying Siswa SMAN di DKI Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 3–12. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.011.01, (Online), diakses 1 September 2021

Mukarromah, T. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1089/1/SKRIPSI TITIK MUKARROMAH NPM. 1501010303 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf, (Online), diakses 1 September 2021

Putrianti, F. G., Listiyani, L. R., & Wijayanti, A. (2020). Anger Management dan Ajaran Ki Hadjar Dewantara dalam Menangkal Cyberbullying. Yogyakarta: Nuta Media.

Putrianti, F. G., Wijayanti, A., & Listiyani, L. R. (2020). Pencegahan Cyberbulliying dengan Ajaran Ki Hadjar Dewantara. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 130–139. https://doi.org/10.30872/PLAKAT.V2I2.4970, (Online), diakses 2 September 2021

Rumra, N. S., & Rahayu, B. A. (2021). Perilaku Cyberbullying Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, 3(1), 41–52. http://www.jurnal.rs- amino.jatengprov.go.id/index.php/JIKJ/article/view/32/25, (Online), diakses 2 September 2021

Stattin, H. & Kerr, M. (2000). Parental monitoring: a reinterpretation. Child Development, 71(4), 1072–1085. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00210, (Online), diakses 1

September 2021

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.23887/JISD.V3I4.22310, (Online), diakses 1 September 2021

Ubaidillah, A. E. K. (2016). Peran Guru dalam Penanganan Peserta Didik yang Bermasalah dengan Perilaku Anti Sosial Cyberbullying. Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 6(2), 17–24. https://doi.org/10.32616/TDB.V6.2.14.17-24, (Online), diakses 1 September 2021

Published

2021-10-23