PEMBUATAN HASIL KARYA TEMPAT PENSIL DENGAN NITENI, NIROKKE, DAN NAMBAHI (TRI-N) BERDASARKAN PROSEDUR KEGIATAN

Authors

  • Die Bhakti Wardoyo Putro
  • Desy Rufaidah
  • Kadek Rizka Irawati
  • Icha Novianingdyah
  • Ayu Wulandari

Keywords:

teks prosedur, bahasa indonesia, hasil karya, Tri-N

Abstract

Pembelajaran secara daring bagi siswa SD menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran keterampilan membuat hasil karya berdasarkan teks prosedur. Para siswa terkadang masih mengalami kesulitan untuk membuat hasil karya berdasarkan teks prosedur yang ada. Pengubahan teks prosedur secara lisan melalui media Youtube dapat menjadi salah satu alterntif untuk siswa dalam memahami instruksi dengan mudah. Tujuan abdimas ini adalah untuk mengajarkan kepada siswa secara praktis agar lebih mudah memahami teks prosedur yang dilisankan melalui kanal Youtube. Selain itu, para siswa tidak hanya niteni dan nirokke, tetapi dengan kreativitasnya juga nambahi. Metode yang dilakukan dengan model ceramah secara daring, tanya jawab, dan unjuk kerja. Kegiatan Abdimas ini dilakukan pada saat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merapakan kolaborasi antara dosen pembantu lapangan (DPL), dosen, dan mahasiswa. Hasil yang dicapai adalah siswa mampu membuat hasil karya berupa tempat alat tulis dengan niteni dan nirokke berdasarkan conoth prosedur yang ada dalam video. Selain itu, sebagian siswa mampu pada tahan nambahi atau mengkreasikan lebih unik. Hampir secara keseluruhan, peserta didik mampu untuk mempraktikan dengan niteni, nirokke, dan nambahi.

References

Prawanti, Lia Titi dan Woro Sumarni. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Hal. 286-291

Rahayu, S., Rochmiyati, S., 2019. Penerapan Tri-N dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Silampari Bisa J. Penelit. Pendidik. Bhs. Indones. Drh. Dan Asing 2, 173–184. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.594

Rochmiyati, S., Putro, D.B.W., n.d. The Application of Tri-N in Genre-Based Indonesian Textbook for Junior High School 9.

Wahyuningsih, Kompyang Sri. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja. Vol. 24 No.1 Maret 2021. Hal.107-118.

Published

2021-10-23