IMPLEMENTASI MEDIA POWTOON DI ERA PANDEMI DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI

Authors

  • Ermawati
  • Sri Mulyati Umasugi

Keywords:

pembelajaran, media Powtoon, produk, publikasi

Abstract

Pembelajaran di era pandemi menuntut penggunaan IPTEK yang praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Powtoon dan memublikasikan produk yang dihasilkan. Metode yang digunakan berupa pengenalan, pelatihan, dan publikasi media pembelajaran Powtoon. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di SMA Negeri 1 Imogiri dengan alamat Jalan Imogiri Timur Km. 14 Wukirsari Imogiri Bantul Yogyakarta. Hasil pelatihan ini menunjukkan peserta merasa senang, belum pernah mengenal media Powtoon dan peserta belum pernah membuatnya dalam pembelajaran. Setelah dilaksanakannya pelatihan ini peserta mampu membuat media Powtoon dengan baik. Kegiatan pelatihan ini mampu membantu guru dan siswa di SMA Negeri 1 Imogiri untuk melaksanakan proses pembelajaran yang interaktif dan inovatif di era pandemi ini.

References

Sukmanasa, Elly., Lina Novita., Aries Maesya. (2020). Pendampingan Pembuatan Media Pmebelajaran Powtoon Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor. Trasformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 16 (1). Bogor: Universitas Pakuan.

Devi, Wika Siviana., Ahmad Fadly., Ratna Dewi Kartikasari. (2020). Pelatihan Pemaanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Di Kota Sukabumi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2) , (http://jurnal.dharmawangsa.ac.id), diakses 3 Maret 2021.

Darmayanti, Ida Ayu Made., I Made S., I Nengah S., dkk. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pengaplikasian Media Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru Bahasa Indonesia Jenjang SMA/SMK Se-Kecamatan Buleleng. Proceeding in The Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Conference 2019, 1019-1027. Bali: UNDIKSA.

Ariyanto, R., Kantun, S., Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122. (https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622) diakses 4 Maret 2021

Nurul Amali, L., Hapsari, F. R., Senowarsito. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Descriptive Text dengan Menggunakan Teknik Roundtable pada Siswa Kelas X SMAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Vol 12 (1) Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Published

2021-10-23