PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN BRANDING PRODUK HACOTAN CRAFT MELALUI MASYARAKAT VOKASIONAL DENGAN DIGITALISASI

Authors

  • Widodo
  • Dian Setiawan
  • Ervina Nadha Puspita Dimi
  • Wahyu Indri Sastiana
  • Dika Rizky Nur Utami
  • Hanifa Restu

Keywords:

branding produk, pengembangan, kerajinan

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh data survei dan observasi yang menunjukan bahwasanya perlu diadakannya sebuah pengembangan dari segi Branding produk dan E- Commerce pada permasalahan sekaligus potensi yang terdapat pada kerajinan hacotan craft yang terdapat di Dusun Semen, Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo Yogyakarta. yang bertujuan untuk meningkatkan laju produksi, daya saing, menekan ketertinggalan serta pembaharuan dalam branding prokduk hacotan craft. Pengabdian ini bertajuk PHP2D yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek yang diikuti oleh 15 Mahasiswa dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Pengabdian ini membenahi strategi penjualan yang masih dilakukan secara tradisional dan mengubahnya ke arah modernisasi produk dengan upaya mahasiswa dalam pembuatan logo produk, packaging produk, penyusunan foto studio produk dan pembuatan social media marketing beserta strategi pengelolaan yang tepat dan terukur. Sehingga dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, makmur serta menjadi salah satu upaya dalam pemulihan ekonomi nasional.

References

Anggraeni, Feni Dwi, Imam Hardjanto, and Ainul Hayat. 2013. “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal.” Jurnal Administrasi Publik 1(6):1286–95.

Sirajuddin, Duriani. Iksan, Muhammad. 2017. “Berkemajuan : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Home Industri Dampo ’ Pisang Aneka Rasa Melalui Kkn- Ppm Di Desa Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan.” 1:22–25.

Published

2021-10-23