PELATIHAN BERWIRAUSAHA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PADA ERA NEW NORMAL MELALUI PEMBUATAN STRAPMASK
Keywords:
pendapatan keluarga, industri rumahan, digital marketingAbstract
Tujuan dari kegiatan abdimas ini adalah untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha dalam skala industri rumahan (home industry) untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Pelatihan ini dilakukan karena fenomena menurunnya pendapatan keluarga akibat pandemi covid 19 yang dirasakan oleh masyarakat dukuh Ngelorejo, Gunungkidul. Kegiatan diikuti oleh ibu rumah tangga dengan memberikan motivasi berwirausaha, pelatihan memproduksi strap mask dan pengenalan pemasaran digital melalui sosial media whatsapp, facebook dan marketplace Shopee. Metode pengabdian dengan pemberian materi, pelatihan, dan tanya jawab serta praktik secara langsung membuat strap mask dan pemasaran produk dengan sosial media. Hasil dari kegiatan diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada ibu rumah tangga untuk melakukan kegiatan wirausaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga melalui pembuatan strap mask.
References
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157. http://www.jurnal- unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73
Hamid, H. (2013). Pengembangan “Technopreneurship” Di Perguruan Tinggi Dan Implikasi Kebijakannya. Jurnal Sains Dan Teknologi Indonesia, 13(1), 43–48. https://doi.org/10.29122/jsti.v13i1.874
Sina, P.G. (2020). Ekonomi Rumah Tangga di Era Pandemi Covid-19. Journal of Management (SMEs), Vol 12, No 2.
Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(4), 188– 193. https://doi.org/10.32672/btm.v1i4.1720
Wibowo, A., Pradiptha, A. P., Mulyati, M., & Utari, D. R. (2020). Penyuluhan Wirausaha Berbasis Teknologi untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Masa New Normal. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 357– 365. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.5872
Syarizka. (2019). Marketplace paling popular di Indonesia menurut APJII. (Online). (https://teknologi.bisnis.com), diakses 10 Maret 2021
https://www.gari-wonosari.desa.id, diakses 11 Maret 2021