SOSIALISASI PENGENALAN INVESTASI BAGI KALANGAN MILENIAL DI DUSUN TIRTO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULONPROGO

Authors

  • Anita Primastiwi
  • Uum Helmina Chaerunisak
  • Agustin Dwi Hapsari

Keywords:

investasi, generasi milenial, sosialisasi

Abstract

Investasi merupakan kunci kesukseksan keuangan di masa depan. Di era modern investasi mengalami perkembangan sehingga proses investasi menjadi lebih mudah dilakukan. Masyarakat Dusun Tirto, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, khususnya generasi milenial masih banyak yang belum memahami pentingnya melakukan investasi sejak dini. Mengingat investasi memiliki banyak manfaat bagi generasi milenial, maka perlu dilakukan suatu sosialisasi tentang investasi. Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini adalah vidio penyuluhan (sosialisasi) yang diunggah pada tanggal 12 Agustus 2021 sehingga generasi milenial di Dusun Tirto, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo dapat tersosialisasi dengan melihat vidio tersebut di Youtube. Hasil dari sosialisasi ini berupa pemahaman generasi milenial tentang pentingnya investasi dan cara melakukan investasi. Antusias peserta sangat tinggi dibuktikan dengan adanya komentar positif dari peserta sosialisasi berupa antuasias dalam pelaksanaan sosialiasi serta materi yang menambah wawasan meraka. Selalin komentar positif terdapat pula saran dari peserta lain berupa pelaksanaan sosialisasi dilaksanakan secara offline agar peserta lebih mudah dalam melakukan tanya jawab.

References

Abdullah, R. (2021). Adukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Syariah pada Pengurus Badan Usaha Milik Desa di Kecamatan Kolese Kota Baubau. Jurnal Abdimas, 323-328.

Abidin, F. (2020, Juli 14). idxcnannel.com. Diambil kembali dari BEI Ulang Tahun, Ini Pencapaiannya Selama 28 Tahun: https://www.idxchannel.com/market-news/bei-ulang- tahun-ini-pencapaianya-selama-28-tahun

Gunadha, R., & Djailani, M. F. (2021, Agustus 13). Suara.com. Diambil kembali dari Hanya 3 Persen Kaum Milenial Indonesia yang Sudah Lakukan Investasi: https://www.suara.com/bisnis/2021/08/13/143628/hanya-3-persen-kaum-milenial- indonesia-yang-sudah-lakukan-investasi?page=all

Hariani, S., Harnovinsah, & Venny. (2019). Sosialisasi Tentang INvestasi Untuk Warga Kembangan Utara Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengambdian Kepada Masyarakat, 53-60.

Mita, M. M., & Siagian, S. (2021). Faktor-faktor yang Memperngaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah METHONOMI.

Onasie, V., & Widoatmojo, S. (2020). Niat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 318-326.

Rosminda, & Wahyuni, E. S. (2017). Keberhasilan Program "Yuk Nabung Saham" oleh Bursa Efek Indonesia Dalam Meningkatkan Penjualan Instrumen Pasar Modal di Indonesia. Inovbiz, 157.

Situngkir, T. L. (2019). Sosialisasi Pengenalan Reksadana ebagai Wadah Investasi Bagi Ibu Rumah Tangga. Abdimas Universal, 58-62.

Published

2021-10-23