MEMBENTUK KARAKTER ANAK DENGAN AJARAN TAMANSISWA DI MASA PANDEMI

Authors

  • Astuti Wijayanti

Keywords:

karaker, ajaran Tamansiswa, pandemi

Abstract

Kehadiran teknologi tidak dapat menggantikan guru dan orangtua dalam membentuk karakter. Pembelajaran yang dilakukan dirumah sangat membutuhkan orangtua dan guru untuk membentuk karakter anak di masa pandemi sehingga tujuan pendidikan nasional dan gerakan pramuka dapat tercapai. Ajaran Tamansiswa merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan oleh pendidik baik orang tua maupun guru dalam membentuk karakter anak. Ajaran Tamansiswa yang dapat diterapkan untuk membentuk karakter diantaranya yaitu kodrat alam, tripusat pendidikan, triN dan Tringo. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui zoom cloud meeting dengan metode diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini menghasilkan kesimpulan bahwa pembentukan karakter membutuhkan sinergisitas antara cara orang tua dan guru dalam menerapkan ajaranTamansiswa sehingga fitrah anak dapat berkembang dengan baik sehingga anak menjadi pemuda pemudi di Indonesia yang berakhlak mulia. Pendidik perlu mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam membelajarkan anak sehingga anak dapat belajar dengan merdeka sehingga juga dapat mengembangkan karakter di masa pandemi.

References

Akhwani, & Romdloni, M. A. (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12.

Damayanti, S., & Rochmiyati, S. (2019). Telaah Penerapan Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Pada Buku Bahasa Indonesia Kelas Ix Smp. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 388–397. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.174

Ermawati, E., & Rochmiyati, S. (2020). Implementasi Tri-N (Niteni-Nirokke-Nambahi) Dan Ppk (Penguatan Pendidikan Karakter) Pada Perangkat Pembelajaran Teks Deskripsi Kelas Vii Di Smp. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 8–13. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i1.35756

Fransiska, J., Hairani, P., Andani, F., & Putra, M. M. (2020). Menumbuhkan Fitrah Keimanan (Kajian Konsep Fitrah Based Education). Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 1(1), 37–48.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung- jawab-siapa

Maria, R., Rifma, & Syahril. (2021). Efektivitas Pembelajaran dan Pembinaan Karakter di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1503–1512.

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.

Santoso, Suyahmo, Maman, R., & Utomo, C. B. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 558–563.

Suparwati, D. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. SHEs: Conference Series, 3(4), 438–443.

Published

2021-10-23