STRATEGI KETANGGUHAN MASA PANDEMI MELALUI REGULASI DIRI DAN TRINGO DI DUSUN NGLANGGERAN WETAN

Authors

  • Berliana Henu Cahyani
  • Andreas Yudha Fery Nugroho
  • Adam Aulla Priatmojo
  • Rizka Karolina Putri

Keywords:

ketangguhan, regulasi diri, tringo

Abstract

Ketangguhan berperan bagi individu ketika menghadapi kondisi pandemi COVID-19. Individu yang tangguh mampu bangkit dan beradaptasi ketika menghadapi situasi yang sulit. Strategi dalam  ketangguhan dibutuhkan warga masyarakat di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Alternatif strategi yang dapat digunakan sebagai upaya mencapai ketangguhan yang optimal adalah melalui  strategi regulasi diri dan tringo. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara online dengan ceramah dan pemberian materi melalui grup whatsApp  dan YouTube. Warga diberikan kesempatan untuk diskusi dan melakukan tanya jawab.  Kegiatan yang dilakukan  memberikan kontribusi positif dan warga berpartisipasi dalam kegiatan. Warga  mendapatkan pengetahuan  yang dapat diterapkan agar menjadi pribadi yang lebih tangguh ketika menghadapi pandemi COVID-19.

References

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak wabah Covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Artuch-Garde, R., González-Torres, M. del C., de la Fuente, J., Mariano Vera, M., Fernández-Cabezas, M., & López-García, M. (2017). Relationship between resilience and self-regulation: A study of Spanish youth at risk of social exclusion. Frontiers in Psychology, 8(APR), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00612

Buana, R. D. (2019). Analisis perilaku masyarakat indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona (COVID-19) dan kiat menjaga kesejahteraan jiwa. Salam:Jurnal Sosial Dan Budaya Syarí.

Dewi, G. K. &, & Cahyani, B. H. (2014). Resiliensi pada remaja yatim piatu yang tinggal di panti asuhan. Spirit, 5(2), 7–14.

Fuadia, N. N. (2020). Parenting strategy for enhancing children’s self-regulated learning. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 109–124. https://doi.org/10.21009/141.08

Iswanto, B., & R. (2010). Pengenalan tamansiswa dan ketamansiswaan. Pusat Studi Pengembangan Wawasan Kebangsaan LP3M UST.

Livana, P., Resa Hadi, S., Terri, F., Dani, K., & Firman, A. (2020). Dampak pandemi COVID-19 bagi perekonomian masyarakat desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37–48.

Mayasari. (2014). Mengembangkan pribadi yang tangguh melalui pengembangan keterampilan resilience. Jurnal Dakwah, 15(2), 265–287. https://media.neliti.com/media/publications/76088-ID-mengembangkan-pribadi-yang-tangguh-melal.pdf

Nufus, A. B., & Irnawati, I. (2020). Pengamalan nilai-nilai ajaran “tringa” Ki Hadjar Dewantara dalam menyikapi Pandemi COVID-19. JURNAL KALACAKRA: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v1i1.2699

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Setyaningrum, W., & Yanuarita, H. A. (2020). Pengaruh COVID-19 terhadap kesehatan mental masyarakat di kota Malang. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1580

Sukiyah, N., Ibn, U., & Bogor, K. (2021). Ketangguhan mahasiswa menghadapi wabah COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1480–1494.

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner : an overview. Theory Into Practice, 41(2), 64–70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102

Zimmerman, Barry J. (1990). Self-regulated learning and academic achievement: an overview. Educational Psychologyst, 25(1), 3–17. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2

Published

2021-10-23