MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK
Keywords:
motivasi, belajar, matematikaAbstract
Mata pelajaran matematika selalu dianggap beban bagi siswa pada setiap tingkatan sekolah. Jika dibiarkan, hal ini dapat berakibat pada nilai yang diperoleh siswa. Oleh karena itu, tim melakukan upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan mengadakan kegiatan mentoring pada mata pelajaran matematika. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar matematika siswa-siswi usia sekolah dasar kelas 1 sampai dengan kelas 5. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh kesimpulan bahwa matematika merupakan pelajaran yang paling sulit dibandingkan dengan pelajaran lain. Kegiatan ini dilakukan di rumah penduduk di Dusun Gancahan V, RT 04, RW 10, Desa Sidomulyo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman pada tanggal 7-9 Juli 2017 pukul 09.00-14.00 WIB. Metode yang digunakan dalam kegiatan mentoring ini berupa pendampingan, pemberian materi mengenai cara meningkatkan motivasi belajar matematika, dan dengan metode demonstrasi beberapa permainan anak untuk menyelesaikan soal-soal matematika. Hasil dari kegiatan mentoring ini adalah adanya peningkatan sebesar 30.21% pada kemampuan matematis siswa dan peningkatan sebesar 35.07% pada motivasi belajar matematika siswa. Siswa-siswi menjadi lebih tertarik dan antusias dalam menyelesaikan soal- soal matematika. Hal ini terlihat dari semangat dan jawaban yang diberikan dalam menyelesaikan soal matematika.
References
Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT Rineka Cipta.
Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S., & Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone bagi Guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara, 1(2), 140–149. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4022
Arigiyati, T. A., Kusumaningrum, B., & Kuncoro, K. S. (2021). Pemanfaatan VideoScribe dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Kanigara, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3097
Arigiyati, T. A., Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Wijaya, M. T., & Hidayat, T. (2021). BERLATIH RAGAM APLIKASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Warta Desa (JWD), 3(2), 70–77.
https://doi.org/10.29303/jwd.v3i2.121
Jamal, F. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 5(2), 205–211. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.4551
Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2607
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif?(Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146.
Masroza, F. (2013). Prevalensi anak berkesulitan belajar di sekolah dasar se Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 215–227.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534– 540.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar kota balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32.