MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
minat, belajar daring, pandemi Covid-19Abstract
Pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan adanya wabah Covid-19, dimana sistem pembelajaran beralih ke metode online atau dalam jaringan (daring). Adanya gangguan dalam proses pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Jika minat belajar menurun, dapat berakibat pada penurunan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar siswa cenderung menurun saat pembelajaran daring. Oleh karena itu, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupaya mengatasi hal tersebut dengan melakukan kegiatan Achievement Motivation Training (AMT). AMT diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa selama pembelajaran daring. Adapun peserta yang terlibat dalam kegiatan AMT ini adalah siswa-siswi dari berbagai tingkatan sekolah yang bertempat tinggal di Desa Pakahan RT 14 RW 8, Kec Jogonalan, Kab Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan AMT dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2021 pukul 09.00-11.00 WIB dan dihadiri oleh 25 orang peserta. Materi yang diberikan kepada peserta adalah mengenai cara meningkatkan motivasi dan tips belajar online secara efektif. Sebelum dan sesudah kegiatan AMT, tim memberikan kuesioner minat belajar daring untuk mengetahui kondisi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Dari kegiatan AMT ini diperoleh peningkatan minat yang cukup signifikan yaitu sebesar 30.65%.
References
Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasisw PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44– 58.
Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45-52.
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers during the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Edu-cation, 1(2), 61–70.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. LP2M.
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643.
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136-142.
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8
Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (SLMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861- 870.
Yaya, H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Yasrib Batu-Batu pada Masa Covid-19. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 1-9.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.