PELATIHAN DIGITAL MARKETING, TIPS DAN TRIK MENGEMBANGKAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA ADIKARSO, KEBUMEN, JAWA TENGAH

Authors

  • Agus Dwi Cahya
  • Bernadetta Diansepti Maharani

Keywords:

Digital Marketing, Mengembangkan Usaha, Pandemi Covid-19

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menambah pengetahua dan melatih Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Adikarso, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah untuk memperluas pemasaran produknya melalui digital marketing serta bagaimana mengembangkan usaha di masa pandemi Covid-19. Pelatihan dilaksanakan dengan memberikan materi pengetahuan tentang bagaimana memaksimalkan digital marketing untuk memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM, tips dan trik mengembangkan usaha di masa pandemi Covid-19 yang mana didalamnya juga mensharingkan pengalaman pemateri memasarkan produk melalui plafon digital marketing yang ada yakni Google Trends, Whatsapp Group, Facebook Grup Jual Beli, Instagram dan OLX Indonesia. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yakni pelaku UMKM menjadi lebih mengetahui pemasaran digital dan bagaimana mengembangkan usaha di masa pandemi sesuai ajaran hidup Ki Hadjar Dewantara yakni Niteni, Nirokke dan Nambahi serta memiliki mental wirausaha AKU BISA yang merupakan singkatan dari Antusias, Kreatif, Ulet, Belajar, Inovatif, Sinergi dan Amanah

References

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19. Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2, 1–14.

Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku usaha. In Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku usaha.

Cahya, A. D., Aminah, Rinajaya, A. F., & Adelin, N. (2021). Pengaruh Penjualan Online di masa Pademi Coviv-19 terhadap UMKM Menggunakan metode Wawancara (Studi Kasus UKM Salad Nyoo Timoho Yogyakarta). Jesya: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syari’ah, 4(2), 857–863.

Cahya, A. D., Maharani, B. D., & Cahyani, P. D. (2020). Strategi peningkatan produktivitas usaha pemuda produktif gunungkidul. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 538–547.

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 20(April), 2–6. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Shofiana, A. (2020). IMPLEMENTASI PROGRAM AFILIASI BERBASIS VIRTUAL TEAM DALAM UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Implementation of Virtual Team-Based Affiliation Programs in MSMEs as Efforts for Increasing the Economy in the COVID-19 Pand. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3590822

Published

2021-10-23