OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL PADA KARANG TARUNA BASKORO WIDORO BANTUL

Authors

  • Mohammad Ahyar Syafwan Lysander
  • Nala Tri Kusuma
  • Ignatius Soni Kurniawan

Keywords:

karang taruna, pemasaran digital, media sosial

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada Karang Taruna Baskoro yang berlokasi di Dusun Widoro, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan media sosial sebagai strategi pemasaran digital bagi masyarakat yang menjalankan usaha di masa pandemi Covid-19. Permasalahan yang dialami oleh Karang Taruna adalah kurangnya pengetahuan melakukan pengembangan usaha dalam hal pemasaran produk dengan pangsa pasar yang lebih luas. Untuk memecahkan masalah tersebut, tim memberikan pemahaman tentang pentingnya branding terhadap produk, strategi pemasaran untuk keunggulan kompetitif, dan pemanfaat teknologi informasi dalam memasarkan produknya. Metode yang digunakan adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) yang memungkinkan Karang Taruna berpartisipasi aktif dalam kegiatan sejak identifikasi    masalah sampai akhir kegiatan. Hasil pendampingan menunjukan dimilikinya pengetahuan, pemahaman dan wawasan tentang pentingnya branding produk dan pentingnya penggunaan sosial media sebagai strategi pemasaran. Kegiatan ini telah menambah keahlian dan kemampuan masyarakat khususnya Karang Taruna memperkuat usaha ekonomi selama masa pandemi Covid-19.

References

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.

Claudia, M., Anisah, H. U., & Prihatiningrum, R. Y. (2019). PKM peningkatan kemampuan “pemasaran online” bagi komunitas perempuan di rumah kreatif Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(April), 86–93.

Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021. Date Accessed 2021-08-15.

Datareportal.com. (2021). Most Used Social Media Platform. Date Accessed 2021-08-15

Kusumawardhani, R., Kurniawan, S. I., & Kartikasari, E. (2020). Mendesain Ulang Strategi Pemasaran Berbasis Media Pada Deriji Craft. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 4–8.

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet- indonesia-2021-tembus-202-juta. Date Accessed 2021-09-02.

Rizal, E., Khadijah, U. L. S., & Anwar, R. K. (2020). Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Kegiatan Wisata di Desa Cipacing Kabupaten Sumedang. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 32–36.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 327–337.

Published

2021-10-23