BULLYING DAN DETEKSINYA MELALUI METODE GAMES DI SMP N 5 BANGUNTAPAN

Authors

  • Tias Ernawati
  • Ani Widyawati
  • Dhimas Nur Setyawan
  • Sa'odah

Keywords:

bullying, dampak bullying, deteksi bullying dengan metode games

Abstract

: Bullying marak di sekitar kita dengan berbagai macam bentuknya. Bullying memberikan dampak negatif dan sering berkelanjutan bahkan hingga mengakhiri hidup atau bunuh diri. Bullying bahkan lebih sering terjadi di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk (1)memperkenalkan bullying, (2)mendeteksinya melalui metode games dan (3)merefleksi temuan bullying di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP N 5 Banguntapan yang diikuti siswa kelas 7C, kepala sekolah dan seluruh guru pengampu di kelas 7C. Melalui kerja sama dengan Komunitas Ibu Peduli Bullying yang bergerak dalam bidang kepedulian sosial kependidikan diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan pengabdian. Kegiatan diawali dengan observasi, dilanjutkan dengan sosialisasi bentuk-bentuk bullying, contoh-contoh bullying, dampak dan akibat bagi pelaku dan korban. Kegiatan dilanjutkan dengan penerapan metode games yang untuk mendeteksi keberadaan bullying di kelas, serta pemberian kuisioner untuk data kuantitatif. Tahap terakhir kegiatan abdimas adalah merefleksi seluruh rangkaian kegiatan beserta temuan-temuannya. Refleksi dilakukan oleh tim abdimas, kepala sekolah, guru dan siswa. Setiap tahapan kegiatan dapat terlaksana dengan lancar. Seluruh siswa kelas 7C ikut serta dalam kegiatan, termotivasi dan antusias selama mengikuti kegiatan. Seluruh siswa dan guru mengisi kuisioner. Kepala sekolah dan guru memberikan respon positif terhadap kegiatan. Tidak ditemukannya tindak bullying di kelas 7C yang memerlukan bimbingan psikologis khusus oleh guru dan kepala sekolah.

References

Abdussalam, M. S. (2019). Anak Indonesia Pernah Di-bully, Harus Segera Diakhiri karena Bisa Bunuh Diri (Online). http://jabar.tribunnews.com/2018/07/27/8-dari-10-anak-indonesia-pernah-di-bully-harus-segera-diakhiri-karena-bisa-bunuh-diri. Diakses 15 April 2019

Amanda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S. N., Restari, Y. A., Atikah, S., Engkizar, E.,

Anwar, F., & Arifin, Z. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454

Ballerina, T., & Immanuel, A. S. (2019). Gambaran Tindakan Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.25077/JIP.3.1.18-31.2019

Desril, R., Aksar, A., Lestari, T., Raihana, R., Elviandri, E., & Agustina, D. S. (2019). Peningkatan Kesadaran Hukum Siswa Tentang Bahaya Perbuatan Bully di SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 6–10. https://doi.org/10.37859/JPUMRI.V3I1.1141

Irani, L. C., Handarini, D. M., & Fauzan, L. (2018). Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Mengelola Emosi sebagai Upaya Preventif Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.17977/UM001V3I12018P022

Muslich, M. (2018). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Puspitasari, D. (2017). Penyebab Anak-Anak Melakukan Tindakan Bullying. (Online). https://www.shopback.co.id/blog/7-penyebab-anak-anak-melakukan-tindakan-bullying. Diakses 12 Februari 2019

Qodar, N. (2015). Survei ICRW: 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah. (Online). https://www.liputan6.com/news/read/2191106/survei-icrw-84-anak-indonesia-alami-kekerasan-di-sekolah Diakses tanggal

Sarasati, B., Kusumawati, D., & Wdiastuti, I. (2019). Pencegahan Bullying di Sekolah Melalui Program “Welcome Day.” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 94. https://doi.org/10.30651/AKS.V3I2.1648

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutriyawan, A., & Sari, I. P. (2020). Perbedaan Focus Group Discussion Dan Brainstorming Terhadap Pencegahan Bullying Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Karangtengah. Window of Health : Jurnal Kesehatan, 38–48. https://doi.org/10.33368/WOH.V0I0.245

Ulfatun, T., Santosa, W. P., Presganachya, F., & Zsa-Zsadilla, C. A. (2021). Edukasi Anti Bullying Bagi Guru dan Siswa SMP Muhammadiyah Butuh Purworejo. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 165–169. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4260

Yamin, A. (2018). Pencegahan Perilaku Bullying pada Siswa-siswi SMPN 2 Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 293–295. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19503

Zen, E. F., Muslihati, M., Hidayaturrahman, D., & Multisari, W. (2020). Pelatihan Perilaku Respek, Empati dan Asertif Melalui Metode Role Play untuk Mencegah Bullying Di Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 40–47. http://journal2.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/12108

Published

2021-10-23