PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI AKTIVITAS MENDONGEN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Widowati
  • Die Bhakti Wardoyo Putro
  • Dyah Ari Susanti
  • Taufix Ade Hanata
  • Siska Damayanti
  • Widya Karanita

Keywords:

berbicara, mendongeng, nilai karakter, kearifan lokal

Abstract

Tujuan Abdimas ini yaitu untuk melatih ketrampilan berbicara dan menanamkan nilai karakter pada siswa SD melalui aktivitas mendongeng berbasis kearifan lokal. Kegiatan ini berlokasi di Dusun Banjarsari, Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada saat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sehingga kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Dosen Pembimbing Lapangang (DPL) dengan mahasiswa. Metode Abdimas ini ialah deksriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa satuan gramatikal berupa kata sampai dengan wacana. Teknik pemerolehan data melalui observasi (anak mendongeng), tanya jawab, dan portofolio. Adapu hasil abdimas ini, yaitu 1) adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa SD dalam mendongen; 2) penanaman nilai karakter siswa SD; dan 3) adanya rasa bangga dan motivasi untuk mencintai dan melestarikan kebudayaan yang dimiliki.

References

Budiyono, Kabul. (2007). Nilai-nilai Kepribadian dan kejuangan Bangsa Indonesia. Cetakan Perdana. Bandung: Alfabeta

Ridhwan, R. M., Susilo, M. W., Bimasakti, T. E., Chandra, R., Alantaqi, A., & Sugito, S. (2020). TPA Punakawan: Sarana Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Berbasis Kearifan Lokal. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 230-235.

Utomo, S. S., Djakariah, D., & Thene, J. (2019). Sosialisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Anak-Anak Dengan Media Puzzle Di Kelurahan Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 111-116.

Wariin, I. (2014). Nilai-nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Tradisi Memitu pada Masyarakat Cirebon Studi Masyarakat Desa Setupatok Kecamatan Mundu. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Wulandari, R., & Lamopia, I. W. G. (2019). Bali mendongeng: Revitalisasi kearifan lokal yang memudar. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 41-49.

Published

2021-10-23