PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENULIS ARTIKEL JURNAL: PKM TERPROGRAM BERBASIS KOLABORASI
Keywords:
kemampuan guru, menulis artikel, PKM terprogram, kolaborasiAbstract
Kenaikan pangkat guru yang mensyaratkan publikasi artikel pada jurnal, menyebabkan guru mengalami keresahan. Hal ini disebabkan lemahnya pemahaman mereka tentang artikel jurnal dan publikasi pada jurnal. Pengabdian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan pemahaman yang tepat terkait publikasi pada jurnal, 2) meningkatkan kemampuan guru dalam menyususn artikel jurnal yang baik. Kegiatan ini mengunakan metode pelatihan terdampingi. Kegiatan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dan diikuti oleh 70 peserta aktif. Kegiatan ini mengunakan media sinkrounous dan asinkronous. Kegiatan sinkronous dilakukan dengan bantuan zoom meeting, sedangkan asinkronous berupa penugasan pembuatan artikel. Hasil dari pengabdian ini diperoleh pemahaman yang meningkat dari peserta terkait artikel jurnal dan publikasinya. Hasil lain yang didapat adalah kemampuan guru dalam menyusun artikel hal ini ditunjukan terkumpulnya 45 artikel dari peserta aktif, atau dengan kata lain lebih dari 64% peserta berhasil menyusun artikel.
References
Adhikara, M. A., Handayani, S., Jumono, S., & Darmansyah, D. (2014). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah pada guru perguruan tinggi di Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–53. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/view/1189
Budiharso, T. (2009). Panduan lengkap penulisan karya ilmiah: Skripsi, thesis, dan disertasi. Gala Ilmu.
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi guru perguruan tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/271
Jatmiko, W., Santoso, H. B., Purbarani, S. C., Syulistyo, A. R., Purnomo, D. M. J., Firmansyah, D., Yusuf, M., Arifianti, Q. A. M. O., & Laili, N. A. (2015). Panduan penulisan artikel ilmiah. Universitas Indonesia.
Julianto, V. (2019). Faktor-faktor penghambat meningkatnya kemampuan publikasi di Program Studi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 131. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1525
Pujiono, S. (2015). Konsep dasar menulis. Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132318127/pendidikan/KONSEP+DASAR+MENULIS.pdf
Rahmiati, R. (2014). Analisis kendala internal guru dalam menulis karya ilmiah. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 3(2), 254–269. https://doi.org/10.24252/ad.v3i2.1513
Wardhana, W. A., & Ardianto, A. S. (2007). Menyingkap rahasia jadi penulis. Pustaka Pelajar.