PELATIHAN MENULIS PUISI UNTUK ANAK-ANAK DI DUSUN SAREKAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI

Authors

  • Biya Ebi Praheto
  • Dinar Westri Andini
  • Agustinus Eko Susetyo
  • Nanda Dewi Saputri

Keywords:

pelatihan, menulis, puisi

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 menjadikan pembelajaran di sekolah dilaksanakan secara daring. Hal ini, berdampak pula pada aktivitas anak-anak yang ada di RT 05 Sarekan. Anak-anak di RT 05 Sarekan menjadi lebih dekat dengan penggunaan gawai yang terkadang tidak dikontrol oleh orangtua. Selain itu, kurangnya kegiatan yang ada di masyarakat yang dapat mengarahkan anak-anak untuk dapat mengembangkan potensinya sehingga anak-anak tidak memiliki kegiatan yang beragam ketika berada di rumah. Di sisi lain, aktivitas literasi anak-anak di RT 05 Sarekan juga sangat rendah, hal ini ditandai dengan aktivitas sehari-hari anak-anak yang tidak melaksanakan kegiatan literasi. Kegiatan literasi ini sangat penting dilakukan tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah dan di masyarakat, karena dapat membentuk karakter siswa sejak dini.Untuk menyelesaikan masalah di atas, maka telah dilakukan suatu kegiatan sebagai solusi yang telah diterapkan di masyarakat terkait literasi. Solusi tersebut yaitu, Program pelatihan menulis puisi untuk mengembangkan kemampuan literasi. Program ini dilaksanakan pada lingkup kecil namun pada perkembangannya harapannya mampu memberikan contoh pada wilayah-wilayah yang lainnya untuk melaksanakan gerakan literasi di masyarakat. Selain itu, program ini akan dilaksanakan dengan mengintegrasikan ajaran-ajaran Tamansiswa yang berasal dari Ki Hadjar Dewantara Bapak Pendidikan Indonesia. Jika digali lebih dalam, ajaran Ki Hadjar Dewantara masih sangat relevan untuk diterapkan di masa kini. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan anak-anak di RT 05 Sarekan telah mampu membuat puisi dengan baik walaupun masih perlu didampingi ketika proses mencari ide.

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Buku I Pendidikan (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Yogyakarta: UST Press.

Tahmidaten, Lilik & Krismanto, Wawan. 2020. Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10 No. 1, hal. 22-33

Published

2021-10-23