Perbandingan Analisis Frekuensi Alami Jembatan Gantung Dengan Menggunakan Aplikasi Accelerometer Meter Dan Software (Studi Kasus Jembatan Gantung Kemiri Buluharjo Karangmojo)

Authors

  • Diah Prawestri, Widarto Sutrisno, Agus Priyanto Program Strudi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Frekuansi alami, SAP 2000, jembatan gantung, accelerometer Meter

Abstract

Tipe jembatan gantung sering digunakan untuk jenis jembatan bentang panjang. Pertimbangan pemakaian tipe jembatan gantung adalah dapat dibuat untuk bentang panjang tanpa pilar ditengahnya. Jembatan gantung terdiri atas pelengkung penggantung dan batang penggantung (hanger) dari kabel baja, dan bagian yang lurus berfungsi mendukung lalulintas (dek jembatan).

Analisis modal secara teoritis dan eksperimen dilakukan pada penelitian ini untuk mendapatkan frekuensi alami. Objek struktur yang digunakan adalah Jembatan Gantung Kemiri di Buluharjo, Karangmojo, Gunungkidul yang merupakan jembatan gantung baja dengan panjang 72 meter. Jembatan dimodelkan secara tiga dimensi dengan program SAP 2000 untuk mendapatkan periode getar dan frekuensi pada duabelas mode getar jembatan gantung secara teoritis. Free vibration test kemudian dilakukan untuk mendapatkan frekuensi dan amplitudo secara eksperimental. Pengukuran vibrasi menggunakan aplikasi Accelerometer Meter.

Frekuensi alami pada hasil output SAP 2000 adalah mode 1 dengan frekuensi 1,6127 Hz. Hasil dari eksperimen terdapat data frekuensi alami 22,5 Hz untuk channel X, sebesar 3,1 Hz untuk channel Y, dan untuk 12,8 Hz untuk channel Z. Frekuensi dari hasil eksperimen menunjukkan selisih yang lebih besar dengan frekuensi hasil modelisasi. 

Published

2021-02-18

How to Cite

Agus Priyanto, D. P. W. S. (2021). Perbandingan Analisis Frekuensi Alami Jembatan Gantung Dengan Menggunakan Aplikasi Accelerometer Meter Dan Software (Studi Kasus Jembatan Gantung Kemiri Buluharjo Karangmojo). RENOVASI : Rekayasa Dan Inovasi Teknik Sipil, 6(1), 54–64. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/renovasi/article/view/10142

Issue

Section

Article

Citation Check