Analisis Kapasitas Terminal Peti Kemas Pelabuhan Ahmad Yani Ternate

Penulis

  • Surahman Basri
  • Andi Arifah Passri
  • Yuni Yuni

Kata Kunci:

Menghitung Kapasitas Terminal Peti Kemas, Arus Peti Kemas, Arus Barang

Abstrak

Peran angkutan laut sangat penting bagi kehidupan sosial, ekonomi, Pemerintahan, Pertahanan, keamanan dan lain sebagainya. Di wilayah kepulauan seperti Negara Kesatuan Republik Indonesia, sangat penting dalam pengembangan transportasi angkutan laut sebab ini merupakan elemen penting dan strategis dalam memperlancar kegiatan perekonomian. Pelabuhan Ahamd Yani berperan penting dalam pengangkutan, baik penumpang maupun barang yang menggunakan angkutan laut sebagai sarana transportasi serta menghubungkan area seluas 140,3 ribu km² di Provinsi Maluku Utara. Sebagai penunjang untuk kelancaran arus pergerkan baik penumpang maupun barang, Pelabuhan Ahmad Yani dalam hal ini yang dikelola oleh PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia IV cabang Ternate.

Teknik analisa data yang digunakan pada penilitian ini adalah bersifat kualitatif  dimana, data-data yang diperoleh baik dari instansi terkait maupun hasil observasi di lapangan akan di analisis sesuai dengan kapasitas terminal peti kemas Ahmad Yani Ternate di beberapa periode yang akan datang. Dari data yang diperoleh melalui studi lapangan, selanjutnay dianlisis menggunakan metode linear, untuk memprediksi arus peti kemas dan arus barang.

Dari hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa, Kinerja kapasitas/produktifitas masing-masing peralatan bongkar muat yang ada di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate berdasarkan kondisi dan jumlah alat yang ada saat ini (kondisi eksisting), yakni berupa 1 unit Froklift, 2 unit Reach Stacker, 1 unit Container Crane, 2 unit Head Truck + Chassis, 6 unit Tronton, dari jumlah peralatan tersebut masih mampu melayani arus pergerakan peti kemas sebanyak 29.791 TEUs pada tahun 2019 dan masih mampu melayani arus pergerakan peti kemas hingga 10 tahun mendatang yakni pada tahun 2029 sebanyak 37.214 TEUs. Kemudian Pada luasan areal lapangan penumpukan Palabuhan Ahmad Yani Ternate mampu menampung peti kemas sebanyak 164.256 box.

Biografi Penulis

Surahman Basri

Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakutlas Teknik Universitas Khairun, Ternate

Andi Arifah Passri

Program Studi Teknik  Sipil Fakultas Teknik Universitas Khairun, Ternate

 

Yuni Yuni

Program Studi Teknik  Sipil Fakultas Teknik Universitas Khairun, Ternate

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-07