Pemodelan Pola Aliran Sungai Opak Dan Pengaruh Inline Structure Terhadap Banjir Menggunakan Sistem Aplikasi Hec-Ras 4.1.0

Penulis

  • Lilik Hendro Widaryanto
  • Dendy M Bardan
  • Rya Dwisari

Kata Kunci:

Sungai Opak, Google Earth Pro, Inline Structure

Abstrak

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak luput dari bencana banjir, seperti halnya sering terjadi pada Daerah Aliran Sungai Opak. Pada musim penghujan banjir kerap terjadi pada bagian hilir Sungai Opak, debit yang besar dan daya tampung yang lemah pada Sungai Opak yang berlokasi sangat dekat dengan pemukiman masyarakat mengakibatkan bencana banjir yang dapat merugikan. Penelitian ini membahas tentang kapasitas Sungai Opak dengan menggunakan Sistem Aplikasi HEC-RAS 4.1.0.

            Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pemodelan pola aliran Sungai Opak periode ulang dengan menggunakan data yang diperoleh secara tidak langsung atau menggunakan program komputer Google Earth Pro dan pemodelan Inline Struktur sebagai solusi permasalahan yang ada dalam penelitian ini.

            Hasil dari dilakukannya penelitian ini menunjukan bahwa Sungai Opak hanya mampu menampung debit maksimum dalam periode ulang 2 sampai 5 tahun. Periode ulang 10 tahun Sungai Opak mengalami banjir pada ruas sungai bagian hilir. Struktur Checkdam dalam hal ini dapat mempengaruhi laju debit banjir sebesar 39% pada periode tersebut dengan solusi berupa pemodelan 3 tipe dimensi pintu checkdam pada lokasi yang berbeda.

Biografi Penulis

Lilik Hendro Widaryanto

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Dendy M Bardan

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Rya Dwisari

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-01