Analisis Kemacetan Di Ruas Jalan Kota Yogyakarta (Studi Kasus Ruas Jalan Ipda Tut Harsono)

Authors

  • Yohanes Leha, Widarto Sutrisno, Agus Priyanto Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Kemacetan, Ruas Jalan, MKJI

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik penggunaan jalan, (2) data volume arus lalu lintas tertinggi, dan (3) kinerja jalan dilihat dari kapasitas jalan dan tingkat kejenuhan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey. Pengolahan data menggunakan perhitungan operasional ruas jalan dan persimpangan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik penggunaan jalan pada ruas jalan Ipda Tut Harsono Yogyakarta banyak didominasi dengan pusat perdagangan dan jasa, tetapi hal ini tidak didukung dengan fasilitas parkir yang cukup, kondisi jalan tidak terdapat bahu jalan tidak menyediakan lahan parkir. (2) Volume kendaraan tertinggi terjadi pada penggal III dengan nilai 8373,00 smp/jam dari total kapasitas dua arah dengan kondisi kapasitas jalan 2/2 UD. (3) Derajat jenuh tertinggi pada Senin pada penggal III dengan nilai 0,45, Minggu pada penggal II 0,27, dan Sabtu pada penggal I 0,44. Nilai tersebut masih di bawah atau kurang dari 0,74, dengan demikian kapasitas masih mencukupi dan belum jenuh.

Published

2019-02-12

How to Cite

Agus Priyanto, Y. L. W. S. (2019). Analisis Kemacetan Di Ruas Jalan Kota Yogyakarta (Studi Kasus Ruas Jalan Ipda Tut Harsono). RENOVASI : Rekayasa Dan Inovasi Teknik Sipil, 4(1), 56–64. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/renovasi/article/view/8512

Issue

Section

Article

Citation Check