Pemecah Gelombang Sisi Miring Dengan Lapis Lindung Tetrapod

Authors

  • Ahmad Da’im Adhi Kusuma, Ida Bagus Agung, Zainul Faizien Haza Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Abstract

Dalam penelitian ini tetrapod akan dijadikan sebagai  lapis lindung pemecah gelombang sisi miring. Penelitian ini dilakukan untuk merencanakan pemecah gelombang sisi miring dengan lapis lindung tetrapod. Tetrapod mempunyai bentuk yang teratur dengan empat buah kaki yang simetris berbentuk kerucut terpancung. Tetrapod bila ditata ditata dengan baik mempunyai kekuatan saling kunci yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan batu pecah alam, dengan demikian pemakaian tetrapod akan memberikan stabilitas lapis lindung yang  lebih besar  jika dibandingkan dengan batu pecah alam.

Penelitian ini dihitung dengan menggunakan formula Hudson, salah satu syarat dari formula Hudson adalah hanya berlaku untuk gelombang tidak pecah atau gelombang pecah ketika membentur struktur. Untuk itu dibuat model struktur pemecah gelombang fleksibel sisi miring. Model dibuat di laboratorium diserang gelombang acak (irregular wave) dengan mempergunakan spectrum Bretschneider yang belum pecah sebelum mencapai struktur pemecah gelombang hingga kerusakan material lapis lindung mencapai kurang lebih 2%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi gelombang yang menyerang lapis lindung akan semakin besar kerusakan lapis lindung yang terjadi. Dalam merencanakan pemecah gelombang sisi miring  banyak faktor yang perlu diperhatikan antara lain: panjang durasi serangan gelombang, tinggi gelombang, bentuk dan kekasaran lapis lindung, kemiringan lereng pemecah gelombang, berat lapis lindung dan lain-lainnya. Pemakaian formula Hudson menghasilkan nilai koefisien lapis lindung( Kd ) yang   cukup tinggi yaitu 18 pada Hs/d = 1.3, pada kerusakan 5 %. Padahal nilai Kd yang dipersyaratkan hanya 8.

Published

2019-02-19

How to Cite

Zainul Faizien Haza, A. D. A. K. I. B. A. (2019). Pemecah Gelombang Sisi Miring Dengan Lapis Lindung Tetrapod. RENOVASI : Rekayasa Dan Inovasi Teknik Sipil, 4(1), 65–74. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/renovasi/article/view/9690

Issue

Section

Article

Citation Check