PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN BERBASIS FLIP CHART MENGGUNAKAN PUZZLE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Penulis

  • Risa Amelia PVKK FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Mariah PVKK FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Enggar Kartikasari PVKK FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/science%20tech.v7i2.10003

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Dasar Desain, Flip Chart.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dasar desain berbasis flip chart, mengetahui kelayakan media melalui validasi ahli, dan mengetahui respon peserta didik terhadap media flip chart. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Four-D. Validator dalam penelitian ini terdiri dari ahli materi dan media, serta peserta didik kelas X sebagai subyek. Obyek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran dasar desain berbasis flip chart. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan media berbasis flip chart dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu menetapkan produk yang akan dikembangkan melalui analis kebutuhan, membuat rancangan produk, mengembangkan produk dan melakukan uji coba skala kecil dan terbatas, serta tahap penyebaran produk yang teruji. Media pembelajaran berbasis flip chart 86,45% termasuk dalam kategori sangat layak (ahli materi) dan 77,70% termasuk dalam kategori layak (ahli media). Respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis flip chart skala kecil sebesar 84,59% termasuk dalam kategori sangat tinggi dan penilaian pada skala terbatas sebesar 77,02% termasuk dalam kategori tinggi.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kustandi. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Widya Utama.

Marsiani, & Karomah, P. (2018). Pengembangan Media Power Point Menggambar Bagian-Bagian Tubuh Wanita Pada Mata Pelajaran Desain Busana. Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 111-114.

Munadi. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Grup.

Sadiman, S., & Rahardjo, R. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

. (2017). Metode Penelitian Pendidikan : Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susanti, S. (2018). Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Untuk Pembelajaran Membuat Pola Dasar Sistem Soen. Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(1), 202-207.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Blommington: Indiana University.

Yetti, M. (2015). Flip Chart On Flash Card. Retrieved Maret 2, 2021, from http://misnayetti95.blogspot.com/2015/06/flipchart-flashcard.html.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-28

Cara Mengutip

Amelia, R., Mariah, S., & Kartikasari, E. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN BERBASIS FLIP CHART MENGGUNAKAN PUZZLE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. SCIENCE TECH, 7(2), 39–51. https://doi.org/10.30738/science tech.v7i2.10003

Terbitan

Bagian

Artikel