PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rika Apriani Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30738/jst.v5i1.5299

Keywords:

Menulis, Strategi Mind Mapping, Penelitian Tindakan.

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melaui strategi mind mapping. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kelapa Gading Timur 03 Jakarta Utara tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes menulis narasi dan dokumentasi yang dilakukan untuk mengukur efek pelaksanaan tindakan terhadap kemampuan menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN Kelapa Gading Timur 03 Jakarta Utara tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulghani, H. M., Irshad, M., Haque, S., Ahmad, T., Sattar, K., & Khalil, M. S. (2017). Effectiveness of longitudinal faculty development programs on MCQs items writing skills: A follow-up study. PloS one, 12(10), e0185895.

Arikunto. S, (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Awada, G., Burston, J., & Ghannage, R. (2019). Effect of student team achievement division through WebQuest on EFL students’ argumentative writing skills and their instructors’ perceptions. Computer Assisted Language Learning, 1-26.

Buzan, T. (2009). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Conny S. R., (1993). Memupuk Bakat dan Minat Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta : Gramedia.

Dalvi, A. (2018). Role of teachers’ perception in students’ creative writing skills. International Journal of Research in Social Sciences, 8(5), 157-164.

Evayanti, A. D., & Sumantri, M. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IIIA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 42-50.

Griffiths, C. (2016). Strategies for Developing English Language Writing Skills–Overall and Individual Perspectives. The Asian EFL Journal Quarterly, 85.

Hyland, K. (2015). Teaching and researching writing. Routledge.

Hyland, K. (2019). Second language writing. Cambridge university press.

Kellogg, R. T. (2008). Training writing skills: A cognitive developmental perspective. Journal of writing research, 1(1).

Oktaria, D., Andayani, N. F. N., & Saddhono, K. (2018). Penguasaan Kalimat Efektif sebagai Kunci Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi. Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 15(2), 165-177.

Sumantri, M. S., Prayuningtyas, A. W., Rachmadtullah, R., & Magdalena, I. (2018). The Roles of Teacher-Training Programs and Student Teachers Self-Regulation in Developing Competence in Teaching Science. Advanced Science Letters, 24(10), 7077-7081.

Yunus, A. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.Jauhari, Heri. Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendikia, 2013.

Zhang, C., Hur, J., Diamond, K. E., & Powell, D. (2015). Classroom writing environments and childrens early writing skills: An observational study in Head Start classrooms. Early Childhood Education Journal, 43(4), 307-315.

Zulela, M. S., & Rachmadtullah, R. (2019, January). Constructivism Approach in Learning to Write Narrative at Elementary School. In International Conference on Islamic Education (ICoIE 2018). Atlantis Press.

Zulela, M. S., Rachmadtullah, R., & Siregar, Y. E. Y. (2017). Strategi Guru Meningkatkan Pemahaman Bacaan Melalui Pendekatan Savi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).

Zulela, M., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pendekatan Konstruktivisme DI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112-123.

Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumadyo, B. (2013). Sekilas Tentang Bentuk Umpatan dalam Bahasa Indonesia. In 2nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE 2013).

Published

20-08-2019

How to Cite

Apriani, R. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.30738/jst.v5i1.5299

Issue

Section

Artikel

Citation Check