PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANIMATED STICKER SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGENAI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN METODE MDLC

Penulis

  • Jimmy Pratama
  • Rena Indira Putri Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.30738/science%20tech.v7i2.9190

Kata Kunci:

Animated Sticker, MDLC, COVID-19, Edukasi.

Abstrak

Seluruh dunia sedang digemparkan dengan adanya pandemi COVID-19, virus corona yang dikategorikan baru ini membuat panik dan resah masyarakat tidak terkecuali di Indonesia. Kasus yang terkonfirmasi positif covid-19 terus mengalami peningkatan. Sehingga menjalankan protokol kesehatan menjadi hal terpenting yang harus dilakukan. Berbagai cara pencegahan dan penanganan dilakukan untuk menekan penyebaran virus ini, salah satunya yaitu dengan media edukasi dan informasi kepada masyarakat tentang berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona. Studi literatur ini memberikan tahapan mulai dari perancangan hingga implementasi animated stiker sebagai media edukasi mengenai covid-19. Hasil studi literatur ini adalah terbentuknya animated stiker yang dapat digunakan untuk media edukasi dan penyampaian informasi berbagai tindakan – tindakan pencegahan yang dapat dilakukan masyarakat sebagai pemutusan rantai penyebaran virus corona. Dengan menggunakan media visual yang informatif dan menarik, tentunya dapat membuat masyarakat membaca dengan seksama dan memudahkan proses pemahaman masyarakat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual animated stiker dengan metode MDLC dapat mempermudah masyarakat dalam penerimaan informasi yang lebih jelas dan mudah dipahami.

Biografi Penulis

Rena Indira Putri, Universitas Internasional Batam

Program Studi Sistem Informasi

Referensi

Abidin, R. Muhamad, & Rosyadah, A. (2017). Perancangan Desain Stiker Messenger Aplikasi Line Bertema “Musim di Indonesia.†Jurnal Seni Rupa, 03, 484–492.

Fitzpatrick, K. M., Harris, C., & Drawve, G. (2020). Fear of COVID-19 and The Mental Health Consequences in America. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, and Policy, 12, 17–21. https://doi.org/10.1037/tra0000924

Kumar, A., & Nayar, K. R. (2020). COVID 19 and Its Mental Health Consequences. Journal of Mental Health, 0(0), 1–2. https://doi.org/10.1080/09638237.2020.1757052

Mitra Zuana, M. M. (2018). Digital Storytelling. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.31538/alsuna.v1i1.51

Mulyawan, A., & Novia, D. (2016). Aplikasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Online Berbasis Web (Studi Kasus Di Samsat Soreang Kab. Bandung). Jurnal Computech & Bisnis, 10(1), 30–39.

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Prabowo, W. P. (2017). Peranan Desain Komunikasi Visual Dalam Stiker Animasi Line Bertemakan Makanan Betawi. Penerapan Embellishment Sebagai Unsur Dekoratif Pada Busana Modestwear, 1–15.

Pratama, G. A. (2019). Kekayaan Media Fitur Stiker Line. Pola Baru Berkomunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1.

Purwandari, N. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Di SDIT Al- Kautsar Cikarang Dengan Metode. Journal of Informatics and Advanced Computing, 1(1).

Yulio, D. D. Y., & Kristiana, N. (2015). Perancangan Sticker CATFIZ Messenger di Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03(03), 61–67.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-28

Cara Mengutip

Pratama, J., & Putri, R. I. (2021). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANIMATED STICKER SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGENAI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN METODE MDLC. SCIENCE TECH, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.30738/science tech.v7i2.9190

Terbitan

Bagian

Artikel