Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Supervisi Akademik, dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK di Gunungkidul

Authors

  • Yeni Prihantini SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO, Indonesia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Pengaruh pemahaman kurikulum terhadap kinerja guru SMK Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Gunungkidul 2) Pengaruh  supervisi akademik terhadap kinerja guru SMK Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Gunungkidul 3) Pengaruh fasilitas kerja terhadap kinerja guru SMK Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Gunungkidul 4) Pengaruh pemahaman kurikulum, supervisi akademik, dan fasilitas kerja terhadap kinerja guru SMK Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Gunungkidul. Desain penelitian yang digunakan adalah Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang berjumlah 65 orang. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif Pemahaman Kurikulum terhadap Kinerja Guru dengan koefisien korelasi rx1y  0,701 dan koefisien determinasi r2 x1y  0,491. 2) Terdapat pengaruh positif Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru dengan koefisien korelasi rx2y 0,513 dan koefisien determinasi r2 x2y 0,263. 3) Terdapat pengaruh positif Fasilitas Kerja terhadap Kinerja Guru dengan koefisien korelasi rx3y 0,247 dan koefisien determinasi r2 x3y 0,012. 4) Terdapat pengaruh positif Pemahaman Kurikulum, Supervisi Akademik, Fasilitas Kerja secara bersama sama terhadap Kinerja Guru dengan koefisien korelasi ganda positif Ry(1,2,3)  0,708 dan koefisien determinasi R2 y(1,2,3) 0,502.

Kata kunci : Pemahaman Kurikulum, Supervisi Akademik, Fasilitas Kerja Kinerja Guru

 

Abstract: This study aims to find out: 1) The influence of curriculum understanding on the performance of vocational teachers of Creative Products and Entrepreneurship at Vocational School Gunungkidul 2) The effect of academic supervision on the performance of SMK teachers of Creative Products and Entrepreneurship at Vocational School Gunungkidul 3) The effect of work facilities on the performance of vocational school teachers Creative and Entrepreneurship 4) The influence of understanding of curriculum, academic supervision, and work facilities on the performance of Vocational School teachers of Creative and Entrepreneurship Products at Vocational School Gunungkidul. The research design used is Ex-post facto. The population in this study were 65 Creative and Entrepreneurship Product teachers. Data collection used the questionnaire method. Data analysis techniques used are simple regression analysis and multiple regression analysis. The results showed that: 1) There was a positive influence on curriculum understanding of teacher performance with a correlation coefficient of rx1y  0,701 and a determination coefficient of r2x1y 0.491. 2) There is a positive influence of Academic Supervision on Teacher Performance with the correlation coefficient rx2y 0.513 and the determination coefficient r2x2y  0.263. 3) There is a positive effect of the Work Facility on Teacher Performance with a correlation coefficient of rx3y 0.247 and a coefficient of determination r2x3y 0.012. 4) There is a positive influence of Understanding Curriculum, Academic Supervision, Work Facilities all together on Teacher Performance with positive double correlation coefficient R y(1,2,3) 0.708 and determination coefficient R2 y(1,2,3) 0,502.

Keywords: Curriculum Understanding, Academic Supervision, Teacher Performance Work Facilities

References

Barinto. 2012. Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan PercutSei Tuan (online). Vol 9, No 2:201- 204 (http://digilib.unimed.ac.id/), diakses 20 Februari 2020

. 2009. Permendiknas Nomor 16 Tahun 2009 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (http://www.depdiknas.go.id), diakses 20 Februari 2020

Fauziah . 2014. Pengaruh Motivasi Disiplin, dan Fasilitas Terhadap Kinerja Karyawan Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912 Semarang. Hal 1-10 Universitas Diponegoro. (http://ejournal-si.undip.ac.id/index.php/)

Hadis dan Nurharyati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Moenir, A.S. 2000. Pendekatan Manusia dan Organisasi terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: Haji Masagung

Muslim,S.B. 2009. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta

Mulyasa, E. 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Nakpodia, E.D. 2011. The Dependent Outcome of Teacher Performance in Secondary School In Date State: An Emperical Assesment of Principal’s Supervision Capacity (online). Vol 1, No 15-24 (http://papers.ssrn.com/) diakses 20 Februari 2020

Oky Estiana Putri. 2015. Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Supervisi Akademik, dan Fasilitas Kerja terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA/MA Negeri di Kota Magelang. ((http://digilib.unnes.ac.id/), diakses 20 Februari 2020

Sagala, Syaiful. 2008. Budaya dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Joko, P. 2019. Pengaruh Budaya Kerja, Motivasi Kerja, dan Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Tesis

Setyana, Meta Eka dkk. 2014. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Bodhisativa Bandar Lampung. Universitas Lampung

Siregar, Safrudin. 2005. Pemahaman Kurikulum 2004 dan Sikap Inovatif terhadap Kinerja Guru. (http://digilib.unimed.ac.id/) diakses 20 Februari 2020

Sudjana, dan Ibrahim. 2002. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta

Suharsaputra, Uhar.2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta

Wildawati, W, dkk. 2013. Pengaruh Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Lampung: Universitas Lampung. (diakses 20 Februari 2020)

Published

2020-03-11

Citation Check