Evaluasi Penerapan “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” Dalam Pengajaran Bahasa Inggris

Penulis

  • Lalu Banu Sirwan Mahasiswa Pascasarjana PBI Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memastikan konteks, 2) mendeskripsikan kualitas input, 3) menyelidiki proses, 4) memeriksa produk. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi yang menggunakan model CIPP oleh Stufflebeam (2007). Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks berkontribusi pada produk karena visi dan misi menunjukkan bagaimana implementasi pengajaran Tamansiswa khususnya 2 Ing dan Tut secara implisit. Kualitas input tidak berkontribusi pada produk, karena data menunjukkan kekurangan fasilitas yang tersedia, maka memerlukan penyediaan lebih banyak fasilitas, dan guru bahasa Inggris harus memiliki latar belakang yang cukup baik dalam pendidikan bahasa Inggris dan Ketamansiswaan. Proses tersebut menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris menerapkan "Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani" dengan baik tetapi guru tersebut telah ketinggalan dalam menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah pada kurikulum 2006, itu berarti bahwa proses tersebut berkontribusi pada produk. Produk pengajaran bahasa Inggris dalam mengimplementasikan “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani†tidak menghasilkan hasil yang memuaskan dalam bentuk partisipasi siswa dalam kompetisi bahasa Inggris dan siswa tidak dapat berbicara bahasa Inggris dengan lancar, bahkan dalam percakapan kelas. Peneliti menyimpulkan bahwa dalam penerapan “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani†dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta masih membuka perbaikan untuk hasil yang lebih baik.

Biografi Penulis

Lalu Banu Sirwan, Mahasiswa Pascasarjana PBI Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

English Education Departement

Referensi

Boentarsono, Priyo Dwiarso, Suharto, Bitus Iswanto, Masidi. (2012). TAMANSISWA. Yogyakarta: Perguruan Tamansiswa Yogyakarta.

Bontarsono, B. (2012). Tamansiswa Badan Perjuangan kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.

Brown. (2007). Language Assessment. San Francisco: San Francisco State University.

Kumalasari, D. (2010). KONSEP PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PENDIDIKAN TAMANSISWA. 45.

Lestari, R. D. (2016). Proses Penanaman Nilai-Nilai Ketamansiswaan Melalui Budaya Sekolah Di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. 1.

Nugroho, L. (2017). IMPLEMENTASI TRILOGI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 208.

Richards, J. C. (2003). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.

Stufflebeam, D. L, (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. New York: Jossey-Bass..

Tauchid, M. (1963). PERJUANGAN DAN AJARAN HIDUP KI HADJAR DEWANTARA. Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa Yogyakarta.

Tohir, M. (2016). Sosok Guru Profesional yang Ideal Ala Ki Hadjar Dewantara. 1.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-12