Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam meningkatkan minat belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pegumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas VI di SD Girisekar, karena jumlah subjek kurang dari 100 maka peneliti mengambil semua subjek untuk diteliti dengan jumlah 34 orang, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variabel model pembelajaran berbasis ICT dalam meningkatkan minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis inferensial yang bertujuan untuk mengkaji variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran di kelas sehingga siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
References
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arisanti, Devi & Subhan, Muh. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Thariqah: Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Volume 3 Nomor 2, halaman 61 – 73.
Chodzirin, M. 2016. Pemanfaatan Information and Communication Technology bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban. Jurnal: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Volume 16 Nomor 2, halaman 309 – 332.
Lukman, H.S & Sutisnawati, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Statistika Berbasis Information and Communication Technology (ICT). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 2, halaman 123 – 134.
Muslih. 2016. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Lembaga Pendidikan Non-Formal TPQ. Jurnal: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Volume 16 Nomor 2, halaman 215 – 234.
Nursyam, Aisyah. 2019. Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18 (1). halaman 811 – 819.
Qomariyah, Hidayatul. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas 4 MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang. Tesis: Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Simatupang, Yuni Suharti. 2017. Hubungan Penggunaan Media Berbasis Internet dengan Minat Belajar Ismuba Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yani, Erna. 2018. Analisis Penggunaan Media Internet terhadap Minat Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri Se-Kota Bandar Lampung. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.