EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN ANTAR TEMAN BERBASIS INTERNET UNTUK PESERTA DIDIK SMK

Penulis

  • Astha Hadiwibowo SMK Negeri 1 Ambal

Abstrak

EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN ANTAR TEMAN BERBASIS INTERNET UNTUK PESERTA DIDIK SMK

 

 

Astha Hadiwibowo

SMK Negeri 1 Ambal

asthahadiwibowo@yahoo.co.id

 

 

abstrak

 

Tujuan umum penelitan ini untuk melihat keefektifan metode pembelajaran antar teman dengan berbasis internet yang dapat di lihat dari keaktifan belajar pada peserta didik mengalami peningkatan atau tidak.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif oleh karena itu prosedur yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan opinion survey tentang metode pembelajaran. Pembelajaran akan berjalan efektif tergantung model pembelajaran yang digunakan, kami menduga model pembelajaran antar teman ini akan membuat pembelajaran menjadi efektif. Teknis pelaksanaannya peserta didik dibagi menjadi enam kelompok dan masing masing kelompok di ambil satu anak yang di jadikan mentor. Mentor diambilkan dari peserta didik yang mempunyai peringkat tertinggi, jumlah mentor tergantung dari jumlah kelompok.

Hasil penelitian ini pada proses pembelajaran praktek metode pembelajaran antar teman sangat efektif karena akan merasa bangga atas perannya dan juga belajar dari pengalamannya ketika di jadikan mentor, demikian juga untuk anak yang di bimbingnya akan menjadi aktif dan lebih terbuka ketika kurang paham akan materi denagan bahasa teman yang yang mudah di pahami

Kata kunci: metode belajar,  internet

Referensi

Azis, A. (2014). Kompetensi Guru Dalam Penggunaan Media Dengan Mutu Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan.

Hafid, H. ab. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana.

Maimunah, M. (2016). METODE PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107

Mohd. Yusof, M. N., & Tahir, Z. (2017). Kepentingan Penggunaan Media Sosial Teknologi Maklumat Dalam Pendidikan IPTA. Journal of Social Sciences and Humanities.

Musanna, A. (2017). INDIGENISASI PENDIDIKAN : Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara INDIGENIZING EDUCATION : Rationalization toward Revitalization of Ki Hadjar Dewantara Educational Praxis. Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nurmadiah, N. (2016). MEDIA PENDIDIKAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Rasim, Setiawan, W., & Rahman, eka fitrajaya. (2008). Metodologi Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Upaya Menciptakan Kultur Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Widayati, A. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Diterbitkan

2020-03-11