PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN VOCABULARY SISWA

Penulis

  • Artatiningsih Artatiningsih SMK N 3 Wonosari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan kosakata (vocabulary) Bahasa Inggris pada siswa kelas XI Tata Boga  SMK N 3 Wonosari melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) ,2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT)   .Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian di SMK N 3 wonosari. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) model pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman  vocabulary siswa pada kompetensi dasar factual report pada siswa kelas XI Tata Boga SMK N 3 WONSARI. Sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT, kemampuan pemahaman vocabulary siswa sebesar 58.3% dan setelah diterapkannya model pembelajaran ini, kemampuan pemahaman  vocabulary siswa  meningkat menjadi 77.8% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi  80.25%,  2) model pembelajaran Team Games Tournament ( TGT ), dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar factual report, pada siswa kelas XI Tata Boga  ,SMK N 3 WONSARI Kenaikan nilai rerata pada observasi awal 50.30 menjadi 61.37  pada siklus I, dan nilai rerata meningkat menjadi 74,59 pada siklus II.

Kata kunci: Team Games Tournament (TGT), SMK, vocabulary, dan hasil belajar.

Abstract:

The purposes of this research are, 1) find out increasing of students’s  ability for understanding and using of vocabularies for second grade  Culinary majoring students  in Vocational High School 3 Wonosari through Team Games Tournament (TGT) learning model, 2) find out increasing of student learning outcomes in English subjects through Team Games Tournament (TGT) learning model.This research use Classroom Action Research. This research apply for 2 cycles and  each cycle consists of 4 stages. Research location at SMK N 3 wonosari.  The results of this research are  1) the type of cooperative learning model Team Games Tournament ( TGT ) can improve students's vocabularies understanding abilities on the basic competency of factual reports on second grade  Culinary majoring students  in Vocational High School 3 Wonosari.  Before the implementation of the TGT cooperative learning model, students's vocabularies comprehension ability was 58.3%, and after the application of this learning model, the students's  vocabularies understanding ability increased to 77.8% in the first cycle and increased in the second cycle to 80.25%, 2  ) the type of cooperative learning model Team Games Tournament ( TGT ) can improve student learning outcomes in the basic competency of the factual report, on second grade  Culinary majoring students  in Vocational High School 3 WONOSARI.  The increasing of average score in the first observation

is  50.30 to 61.37 in the first cycle, and the average score increased to 74.59 in the second cycle. 

Keywords: Team Games Toumament (TGT), Vocational School, vocabulary, and learning outcomes.

Referensi

Bloom, B.S. (2001). A Taxonomy for Learning Teaching and Asesing A revision of Blooms Taxonomy of Education Objective. New York: McKay

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Suharsumi Arikunto. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta : Rineka Cipta

Slavin, Robert E. (1995). Cooperative learning: theory, research and practise. Boston: Allyn and Bacon

Slavin, Robert E. . (2010). Cooperative learning teori riset dan praktek. Bandung: Nusa Media

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta. UNY Press

Suyitno. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal jptk.uny Vol 23, No 1 (2016) . http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9359. Di akses 30 Mei 2017.

Suyitno. 2018. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Eksperimen dan R & D. Alfabeta: Bandung

Suyitno, Iis Widiyanto, Suryaneta binti Masrul. 2018. Development Of Learning Media For The Course Of Two-Stroke Gasoline Motors To Improve Students’ Learning Outcomes. Jurnal pendidikan Teknologi Kejuruan (JPTK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/18008

Suyitno, Pardjono. 2018. Integrated Work-Based Learning (I-Wbl) Model Development In Light Vehicle Engineering Competency Of Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 8, No 1, February 2018 (01-11). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/14360.

Suyitno. 2017. Work Based Learning Terintegrasi Konsep, Strategi dan Implementasi dalam pendidikan Kejuruan. K-Media: Yogyakarta

Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Depdiknas.

Diterbitkan

2020-03-11