Manajemen Pelaksanaan PKL dalam Upaya Mempersiapkan Lulusan SMK Siap Kerja

Penulis

  • Yuniasih Yuniasih SMK N 1 Kebumen

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pelaksanaan praktek kerja lapangan dalam upaya mempersiapkan lulusan SMK siap kerja ditinjau dari aspek perencanaan, pengorganisasian , pelaksanaan dan evaluasi di SMK Batik Sakti 1 Kebumen. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif  meliputi pengumpulan data, reduksi data, menampilkan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini : (1) Perencanaan PKL di SMK Batik Sakti 1 Kebumen sudah dilakukan dengan baik seperti dalam tahapan perencanaan kegiatan yaitu Sinkronisasi Kurikulum, Pemetaan DU/DI, Koordinasi Pokja PKL, Sosialisasi, dan Pembekalan. (2) Pengorganisasian PKL sudah dilakukan dengan baik dan merupakan koordinasi yang dilakukan oleh Waka DUDI dengan Ketua Jurusan (3) Pelaksanaan PKL sudah dilaksanakan dengan baik pada semester 4 selama 3 bulan. Kegiatan dalam pelaksanan PKL yaitu: a) permohonan tempat PKL, b) penyerahan PKL, c) kegiatan penempatan dan pelaksanaan siswa di industri, d) monitoring PKL, e) penarikan PKL, dan f) pelaporan dan penilaian PKL. (4) Evaluasi PKL di SMK Batik Sakti 1 Kebumen sudah dilakukan dengan baik, dengan mengumpulkan dan menganalisis data-datanya. Evaluasi tersebut dilakukan dalam sebuah rapat yang dihadiri Kepala Sekolah, WK Kurikulum, WK DU/DI, dan semua Ketua Jurusan beserta guru pembimbing.

Kata kunci: manajemen, praktek kerja lapangan, SMK

Referensi

Andi Prastowo. 2012. Metode penelitian kualitatif dalam persektif rancangan penelitian. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia.

Arifin. 2014. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan pada instansi/perusahaan. Jurnal Simetris, Vol 5 No 1 April 2014, ISSN: 2252-4983.

Cooper, D.R., & Schindler, P.S. 2011. Business research methods. 6th Ed. New York:

McGraw-Hill International Edition. p.100, 149.

Eling Damayanti. (2014). Manajemen praktek kerja industri pada kompetensi keahlian administrasi perkantoran di smk se- kota yogyakarta. Thesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Faizah, D.N., & Indrawati, A. (2017). Effect of Learning Achievement of the Eye of Productive Training, Prakerin Experience, and Interests in Student Readiness Entering the World of Work. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 3, Nomor3, November, Halaman 179 – 191.

Faizal, A.N., Burhanuddin, & Sultoni. (2018). Manajemen Praktik Kerja Industri. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Juni 2018, Hal 139-149.

Hasibuan, H.M., S.P. 2007. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta:PT. Bumi Aksara. p.2, 68, 122

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Handout Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 SMK Tahun 2015: Praktik Kerja Lapangan (PKL) Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Kuswana, W. 2013. Dasar-Dasar Pendidikan Dan Vokasi Kejuruan. Bandung: Alfabeta.

Mardiyah, Supriyadi. 2013. Evaluasi Praktek Kerja Industri Kompetensi Keahlian Pemasaran SMK N 1 Pengasih, Kulonprogo. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 3 No. 3.

Mezayu Luna P. 2014. Studi Eksplorasi Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Kelas XII SMK YPKK 2 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY.

Miles, B.M. dan M.Huberman. 1992. Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP. p.15, 20

Muhyadi, dkk. (2011). Tanggapan dunia usaha dunia industri terhadap pelaksanaan praktek kerja industi kompetensi keahlian administrasi perkantoran smk n 1 depok. Hasil penelitian. Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY

Neuman, L.W. 2006. Social research methods: quantitative and qualitative approaches.

New York: Pearson Inc.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rahayu, I.S., Soegito, & Roshayanti, F. 2017. “Perencanaan Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Semarangâ€. Jurnal. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Ridho Iktiari, Ag. Sri Purnami. 2019. “Manajemen Praktik Kerja Industri untuk Meningkatkan Keterserapan Lulusan SMK pada Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jurnal Media Manajemen Pendidikan.ustjogja.ac.id Volume 2 No. 2.

Sugiyono. 2007. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode penelitan pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sunardi. 2017. Pengelolaan Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Surakarta. Journal. Manajemen Pendidikan Vol.12, No.1, Januari 2017: 96-104

Terry, G.R. 1986. Asas-asas manajemen. Bandung: Penerbit Alumni. p.163

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Diterbitkan

2020-03-12