Peningkatan Hasil Belajar Siswa Matematika SD Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write Pada Siswa Kelas V

Penulis

  • sutirah ma PROSIDING SEMINAR NASIONAL "Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa"

Abstrak

Model Pembelajaran Think Tak Write

Referensi

Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.

Isjoni. (2012). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Berdiati, Ika. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Bandung: Sega Arsy.

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar,

Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempegaruhinya, Cet.VI; Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiarti, N. L.P.Y., Putra, I.K.A, & Abadi, I.B.G.S.(2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berser Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Azrah, M. (2017). Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 009 Tembilahan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 213-224.

Armini, N.P.S., Wibawa, I.M.C & Murda, I.N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukamaen. R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012) Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhada Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.

Sugandi, A.I. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Kominikasi dan Penalaran Matematis. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Suparya, I.K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2 (2), 19-24.

Diterbitkan

2020-03-12