SISTEM AMONG PADA PENGELOLAAN KOPERASI SISWA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SMK NEGERI 2 PENGASIH
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Sistem Among pada Pengelolaan Koperasi Siswa Dalam Menumbuhkan Karakter Kewirausahaan Pada SMK Negeri 2 Pengasih tentang ; (1) pengelolaan koperasi siswa di SMK Negeri 2 Pengasih;(2) daya dukung pada koperasi siswa di SMK Negeri 2 Pengasih;(3) kendala pada koperasi siswa di SMK Negeri 2 Pengasih. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data didapat dengan melakukan triangulasi dan memperlama waktu penelitian. Analisis data model deskriptif Milles and Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) Sistem among pengelolaan koperasi siswa di SMK Negeri 2 Pengasih dalam menumbuhkan karakter kewirausahaan pada siswa dapat dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Aspek perencanaan siswa terlibat dalam menyusun program kerja. Aspek pelaksanaan siswa terlibat dalam unit penjualan dan unit Jasa. Aspek evaluasi siswa terlibat dalam mempersiapkan, menyusun laporan pertanggung jawaban pengurus melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT). (2) faktor pendukung telah memiliki kelembagaan koperasi siswa, memiliki jumlah siswa yang banyak, pembina koperasi kompeten di bidangnya, manajemen sekolah terbuka terhadap pengembangan koperasi siswa. (3)  kendala- kendala yang dihadapi adalah sebagian siswa memiliki tidak berminat terlibat pada pengelolaan koperasi siswa, ketersediaan ruang yang terbatas sehingga membatasi pengembangan koperasi siswa, kertersediaan fasilitas peralatan yang belum memenuhi kebutuhan, sebagian pengurus koperasi siswa kurang aktif, penurunan omset penjualan akibat program pengurangan makanan dan minuman kemasan dengan pewarna dan pengawet.
Kata kunci : Among ,Pengelolaan, Koperasi, Karakter Kewirausahaan
References
Buchari Alma. (2003). Kewirausahaan.Bandung: Penerbit CV. Alfabeta
Bukirom, Haryo Indradi &Andi Permana. (2014). Pengaruh Pendidikan Berwirausaha dan Motivaso Berwirausaha Terhadap Pembentukan Karakter Berwirausaha. Jurnal Media Ekonomi Dan Manajemen, ISSN : 085-1442, 29, 144-151
Adian Saputraon (2016) https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/mengenal-sistem-among-dalam-konsep-belajar-taman-siswa/
Crant, J., M,.(1996). The Proactive Personality Scale As aPredictor of Entrepreneurial intentions,Journal of Small Bussiness Management,34, 1-11.
Christopher J. Chollins.(2004). The Relationship of Achievment Motivation to Entrepreneurial Behavior. Journal Human Performance , Volume 17 , 95-117
Dea Prilia, S (2013). Efektivitas peran koperasi sekolah sebagai unit pembelajaran kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal ISSN 2252-6544,2, 14-17.
Endang, Mulyani. (2011). Model pendidikan kewirausahaan pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 6, Nomor 2, November 2009, 1-18
Eny, Endah,P (2013). Peran Penting Karakter Kewirausahaan Dalam Mengembangkan Usaha Baru Pasca Bencana. Proceeding Konferensi Nasional II: Media,Bisnis,dan Perdamaian FISIP UPN “Veteran†Yogyakarta, 1-86
Geofrey, Meredith. (1996). Kewirausahaan teori dan praktek. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo
https://1001indonesia.net/sistem-among-metode-pendidikan-ki-hajar-dewantara/
Rian Iwinsyah. (2020). Menakar Konsep “MERDEKA BELAJAR†https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/
Sugiyono.(2011).Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Suryana.( 2000). Kewirausahaan pedoman praktis: kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Yohanes Enggar Harususilo (2019) “Ini Konsep Baru UN dan USBN Versi "Merdeka Belajar" Mendikbud Makarim https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/11/14433351/ini-konsep-baru-un-dan-usbn-versi-merdeka-belajar-mendikbud-makarim?page=all#page3