Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI “Bahasa Inggris 2” di Sekolah Menengah Kejuruan

Penulis

  • Ari Hidayat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian buku teks Bahasa Inggris yang digunakan kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kriteia buku yang baik oleh Cunningsworth. Objek penelitian ini adalah buku teks Bahasa Inggris yang berjudul “Bahasa Inggris 2†di terbitkan oleh Yrama Widya. Penelitian ini adalah bentuk evaluasi dengan menggunakan wawancara dan analisis dokumen sebagai teknik pengumpulan data.  Data kemudian dianalisis melalui 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku Bahasa Inggris 2 memenuhi 7 dari 8 kriteria buku teks yang baik oleh Cunningsworth yaitu tujuan dan pendekatan, desain dan organisai, konten bahasa, keterampilan, topik, metodologi, dan pertimbangan politik. Namun buku ini tidak memenuhi kriteria buku guru karena penerbit hanya menyediakan buku siswa dan tidak menerbitkan buku guru untuk buku Bahasa Inggris 2 ini. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyarankan buku Bahasa Inggris 2 bagus untuk digunakan oleh guru dan siswa karena buku ini sudah memenuhi kriteria buku teks yang baik di susun oleh Cunningsworth.

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azizifar, A., Koosha, M., & Lotfi, A. (2010). An Analytical Evaluation of Iranian High School ELT Textbooks from 1990 to the present. Social and Behavioral Sciences.

Cunningworth, A. (1995). Choosing Your Coursebook. London: Oxford Heinemann Publishers

Fitriana, N. 2016. Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Ix “Think Globally Act Locally†di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah. STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

MENDIKNAS. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Salinan tidak diterbitkan. Jakarta: DEPDIKNAS.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Nurdeani, R. 2014. “Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Standar Penulisan Buku Teks Pelajaranâ€. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.1, No. 1 (2014). Accessed on Ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/4694.

Riangsari, A. 2015. Jenis dan Tema Teks dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi Kelas X serta Relevansinya dengan Kompetensi Kurikulum 2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ur, P. (1991). A Course in Language Teaching. United Kingdom. Cambridge University Press

Zulaicha, I. 2012. Buku Teks dan LKS. Accessed on http://ika-zulaicha.blogspot.com/2012/01/buku-teks-dan-lks.html

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-12