Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Think Pair Share (TPS)

Penulis

  • Endang Sugiharyanti Smk N 1 Ponjong

Abstrak

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil  belajar siswa yang diajar dengan metode Think Pair Share (TPS) . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian siswa kelas X Multimedia  SMK Negeri 1 Ponjong  Penelitian terdiri atas 2 siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pendekatan Think Pair Share (TPS)  berhasil lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai belajar siswa. Persentase  Hasil prestasi  siswa juga meningkat dari  persentase ketuntasan kelas meningkat dari 69% menjadi 88%.

 

Abstract: This study aims to improve student learning outcomes taught by the Think Pair Share (TPS) method. This research is a Classroom Action Research (CAR) with the object of class X Multimedia Vocational High School 1 Ponjong research object consisting of 2 cycles, starting from planning, implementing, observing, reflecting, and revising. The results showed that learning by applying the Think Pair Share (TPS) approach worked better. This is evidenced by the increasing value of student learning. The percentage of student achievement results also increased from the percentage of class completeness increasing from 69% to 88%.

Referensi

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri, (1999) Psikologi Belajar; Rineka Cipta

Zaenal Arifin (2003 : 3) pengertian Prestasi belajar, https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2015/06/pengertian-prestasi belajar- menurut.html, (4 maret 2019), jam 19.00 wib

Suyatno (2009: 54) pengertian metode Think pair Share (TPS) http://www.sriudin.com pada tanggal 30 April , jam 20.00 WIB).

Dahar,R.W. (2006). Teori-Teori Belajar & pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Suyitno. (2018). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas dan R$D. Bandung: Alfabeta.

Sugiharyanti, E.(2018: 16-21) Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi dengan metode Problem based Learning melalui media komik sederhana di SMK Muhammadiyah Karangmojo. Edugy: Jurnal Pendidikan IGI DIY, Vol.2, no.1, p:16-21.

Sulistiyani, F (2017: 22-33) Peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan

pemberian punishment and reward (PR) dalam pembelajaran speaking dengan

model pembelajaran number head together di SMK Negeri I Tepus Tahun

Pelajaran 2017/2018. Edugy: Jurnal Pendidikan IGI DIY, Vol.2, no.1, p:22-33

Bambang Suyanto (2019:209-222) Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Pembelajaran Mesin Milling CNC: Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan Volume 3 No 2 Tahun 2019

Awiri1 dan Rossyta Quarisruri2 (2019:133-142) Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar IPA Kelas IV SDN 08 Pagi Jakarta Timur: Wacana Akademika; Majalah Ilmiah Kependidikan Volume 3 No 2 Tahun 2019

Shafira Dwintha Aulia1, Wahyudi2, dan Indri Purwanti3 (2018:186-197) Penerapan Model Make a Match Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa: Wacana Akademika; Majalah Ilmiah Kependidikan Volume 2 No 2 Tahun 2018.

Evi Tri Fatmawati1 dan Sigit Sujatmika2(2018:163-171) Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis: Wacana Akademika; Majalah Ilmiah Kependidikan Volume 2 No 2 Tahun 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-12