Implementasi Kelas Industri Bisnis Online Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Pada Kompetensi Keahlian BDP Di SMK

Penulis

  • Sutadi Sutadi Sutadi SMK Tamtama Karanganyar

Abstrak

Kajian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana implementasi kelas industri bisnis online untuk meningkatkan minat berwirausaha pada Kompetensi Keahlian BDP di SMK Tamtama Karanganyar. Sebanyak 29 siswa yang mengikuti kelas industri bisnis online diikutsertakan untuk mengetahui sejauh mana implementasi pelaksanaan kelas industry bisnis online yang meliputi materi, waktu pelaksanaan, narasumber, program kerja, sarana, prasarana dan rasa bangga peserta termasuk akses internet sehingga setelah selesai pendampingan diharapkan mampu meningkatkan minat berwirausaha siswa baik secara online maupun offline. Pelaksanaan kelas industri bisnis online yang dilaksanakan selama 4 bulan pada bulan September-November 2019. Hasil kajian menunjukkan bahwa aspek yang paling banyak dikemukakan peserta dan mereka sangat setuju terhadap aspek “memiliki perasaan bangga dan sangat berminat untuk berwirausaha setelah mengikuti kelas industry bisnis online pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Tamtama Karanganyar. Sedangkan aspek yang paling banyak mendapatkan respon kurang setuju atau kurang puas adalah kecepatan akses internet yang masih rendah dan menganggu proses pelaksanaan kelas industry bisnis onlineâ€

Referensi

Dr. Enny Radjab, M. A. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Makasar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhamadiyah Makassar.

Fadli, I. (2009). Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas Xii Teknik Otomotif Smk Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008 / 2009.

Minat, D. A. N., & Mahasiswa, B. (2015). Sikap, motivasi, dan minat berwirausaha mahasiswa, 17(1), 21–30. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.21

Nurwakhid. 1995. Usaha Pengembangan Minat Murid SMK Terhadap Kewirausahaan di Kota Semarang (Laporan Penelitian). Semarang: IKIP Semarang.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta: Bandung

http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/kesmas/article/view/1015/937

Diterbitkan

2020-03-12