UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi segiempat menggunakan metode penemuan terbimbing. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi segiempat bagi siswa kelas VII SMPN 2 Dukun tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 2 Dukun yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai 15,24 dari 52,96 pada kondisi awal menjadi 68,20 pada akhir siklus I. Pada akhir siklus II rata-rata nilai mengalami peningkatan 5,45 dari 68,20 pada akhir siklus I menjadi 73,67 pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil tersebut,disimpulkan bahwa penggunaan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil prestasi belajar matematika materi segiempat bagi siswa kelas VII SMPN 2 Dukun tahun pelajaran 2019-2020.
References
Eggen.P dan D.Kauchak. (2012). Strategi dan model pembelajaran mengajarkan konten dan ketrampilan berpikir. Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks
Hermawan,A.S.(2018). Meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui pendekatan penemuan terbimbing. Jurnal pembelajaran matematika kreatif
Markaban.(2006). Model pembelajaran matematika dengan penemuan terbimbing. Yogyakarta: PPPPTK Yogyakarta
Mawadah,S dan Maryanti,R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing. Edu mat jurnal pendidikan matematika
Mulyono,D.(2018). Penerapan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika SMP. Journal of education and instruction
Rocheni,S. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal riset pendidikan matematika
Syah,M. (2014). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rusdakarya
Siwi Khomsiatun. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal riset pendidikan matematika
Wahyu Setiawan. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dengan menggunakan model penemuan terbimbing. Jurnal ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi
Wardani,S. (2008). Analisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTs untuk optimalisasi tujuan mata pelajaran matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Zulkarnaen,I dan Amalia,N.S. (2014). Model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Edu mat jurnal pendidikan matematika