Digitalisasi Aksara Jawa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Meningkatkan Minat Belajar Aksara Jawa Generasi Digital

Penulis

  • Kuntari Purwaningsih SMA Negeri 9 Purworejo

Abstrak

Abstrak: Masyarakat dunia kini telah memasuki era revolusi industri 4.0. Demikian pula masyarakat Indonesia. Revolusi industri 4.0 membawa masyarakat Indonesia menuju perubahan peradaban tradisional menjadi peradaban baru dengan ciri adanya Cyber Physical Production System (CPPS) dan Internet of things (IoT). Fenomena ini memunculkan generasi digital (digital native) yang memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan para pendahalunya. Sebutan digital native disematkan pada generasi saat ini karena mereka akrab dengan teknologi digital yang telah berkembang saat ini. Generasi ini memiliki ketertarikan yang lebih terhadap teknologi dengan platform digital dan online. Disisi lain, dampak perubahan menuju sistem digital ini telah menggerus eksistensi bahasa Jawa sebagai salah satu bahasa daerah yang digunakan di Indonesia. Aksara Jawa sebagai salah satu komponen penting dari bahasa Jawa saat ini kurang diminati oleh para generasi digital. Mereka tidak lagi memiliki ketertarikan untuk mempelajari bahasa dan aksara Jawa sebagai budaya asli mereka. Oleh karena itu, tulisan ini mencoba untuk menjelaskan bagaimana karakteristik revolusi industri 4.0, dan generasi digital,  dikaitkan dengan urgensi digitalisasi aksara Jawa untuk meningkatkan minat dan ketertarikan para generasi digital terhadap aksara Jawa. 

Kata kunci: Digitalisasi, Aksara Jawa, Revolusi Industri 4.0, Generasi Digital

Referensi

Referensi

Ackerman, Gary.2009. Brief review of iBrain: Surviving the technological alteration of the modern mind by Gary Small and Gigi Vorgan. Education Review.

Mulyani, Hesti. 2013. Komprehensi Tulis. Yogyakarta: Astungkara Offset

Majelis Pendidikan Dewan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2017. Memandang Revolusi Industri dan Dialog Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Kemenristekdikti

Scwhab, Klaus. 2016. The Fourth Industrial Revolution. Switzerland: World Economic Forum

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa Sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah atau Madrasah

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 57 Tahun 2013 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Bahasa, Sastra, Dan Aksara Jawa

Prensky, M. 2001. Digital natives, digital immigrant on the Horizon, 9 (5). Tersedia di http://www.marcprensky.com/writing/Prensky%20%20Digital%20Natives,%20Digital%20Immigrants%20-%20Part1.pdf (Diakses dari tanggal 25 Februari 2020 pukul 14.00)

Retnaningdyastuti, Sri. 2018. Tantangan Dan Peluang Siswa Dan Guru BK Di Era Disrupsi. Semarang: Jurnal dalam Prosiding Seminar Nasional Strategi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi

Sugito. 2016. Urgensi Gerakan Literasi Aksara Jawa. Tersedia di https://www.bernas.id/23242-urgensi-gerakan-literasi-aksara-Jawa.html (diakses tanggal 26 Februari 2020 pukul 14.30 WIB)

Wibowo, Mungin Edy. 2019. Konselor Profesional Abad 21. Semarang: UNNES Press

Diterbitkan

2020-03-12