Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • risky septyo aji SD Singosaren Banguntapan Bantul

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan ini untuk mengetahui proses pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) serta meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Singosaren. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian  dilaksanakan mulai bulan Juli 2019 sampai November 2019 dalam dua siklus tindakan. Tempat penelitian di SD Singosaren, Banguntapan, Bantul, DI. Yogyakarta. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VI berjumlah 28 orang. Obyek penelitian adalah hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS. Tahapan pelaksanaan penelitian tindakan meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dalam pembelajaran tematik muatan IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar yakni, pada pra siklus 63,04 meningkat 74,11 pada siklus 1, dan 82,68 pada siklus 2. Sedangkan jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pra siklus sebesar 42,86%, siklus 1 sebesar 92,86%, dan siklus 2 sebesar 92,86%.

Kata kunci: STAD, hasil belajar,  IPS

 

Abstract: The purpose of this action research is to find out the process of implementing the Cooperative Learning model of Student Teams-Achievement Divisions (STAD) types and to improve the learning outcomes of Social Sciences in Singosaren Elementary School. The type of research is Classroom Action Research. The research was conducted from July 2019 to November 2019 in two cycles of action. Research site at Singosaren Elementary School, Banguntapan, Bantul, DI. Yogyakarta. The research subjects were 28 students in class VI. The object of research is student learning outcomes in social science. The stages of the implementation of action research include the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The application of learning using the Cooperative Learning model STAD type in thematic learning of social science content can improve student learning outcomes. Evidenced by an increase in the average value of learning outcome, in the pre cycle 63.04 increased 74.11 in cycle 1, and 82.68 in cycle 2. While the number of students who met the Minimum Completeness Criteria in the pre cycle was 42 , 86%, cycle 1 of 92.86%, and cycle 2 of 92.86%.

Keywords: STAD, learning outcomes, social science

Referensi

Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media

Hidayati dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hidayati, Mujinem, dan Senen, Anwar. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sukarno. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Media Perkasa

Supardi. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryadi, Didi. 2007. Pendidikan Matematika dalam Mohammad Ali (Ed). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III . Bandung:Intima Sumadi Suryabrata (1984) Pengaruh penataran pengembangan pribadi guru untuk meningkatkan komponen efektif proses mengajar-belajar terhadap prestasi belajar murid di sekolah-sekolah dasar pedesaan dengan summary. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

Suryobroto, Sumadi. 1989. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Offset

Taneo, dkk. 2009. Kajian IPS SD 3 SKS. Jakarta: Ditjen PT Depdiknas

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan

2020-03-12