PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMKN 1 NGAWEN

Penulis

  • ISMANI RAHAYU SMKN 1 NGAWEN

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Ngawen pada mata pelajaran Simulasi dan komunikasi digital melalui media pembelajaran Edmodo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Ngawen  tahun akademik 2019/2020 dengan subjek penelitian kelas X TB A berjumlah 36 siswa dan objek penelitian pada mata pelajaran Simulasi dan komunikasi digital. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus terdiri dari perencanaan, pemberian tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kegiatan pembelajaran melalui observasi dan analisis hasil belajar melalui tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar dari kondisi awal dari 40% menjadi 55% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 70% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari skor rata-rata siswa yaitu 58,64 pada kondisi awal meningkat menjadi 63,64  pada siklus 1 dan 80,61 pada siklus 2. Kesimpulan dalam penelitian ini dengan menggunakan Media pembelajaran Edmodo mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TB A pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.

Kata kunci: Media pembelajaran edmodo, aktivitas belajar , hasil belajar.

 

Abstract: This study aims to improve the activity and learning Result of  the tenth grade of Dress making students at SMK Negeri 1 Ngawen on Simulation subjects and digital communication through Edmodo learning media. This research is classroom action research. The study was conducted at SMK Negeri 1 Ngawen in the academic year 2019/2020 with research subjects in class X TB A totaling 36 students and research objects in the subjects of simulation and digital communication. Data collection using the method of observation, interviews, tests and documentation. This research was conducted using 2 cycles consisting of planning, giving action, observation and reflection. Data analysis technique used in this study is the analysis of learning activity data through observation and analysis of learning outcomes through tests. From the results of the study showed that the increase in learning activities from the initial conditions from 40% to 55% in cycle 1 and increased to 70% in cycle 2. Improved learning outcomes can also be seen from the average score of students namely 58, 64 in the initial conditions increased to 63.64 in cycle 1 and 80.61 in cycle 2. The conclusion in this study using Edmodo learning media was able to increase the activity and learning outcomes of class X TB A students on Simulation and Digital Communication subjects.

Keywords: Learning Media, Edmodo, Learning Activity, Learning Results

Biografi Penulis

ISMANI RAHAYU, SMKN 1 NGAWEN

Mengajar Mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital

Pangkat/Golongan: Penata/IIIc

Referensi

Ainiyah Z & Puspitasau D,(2015), Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di SMKN 1 Surabaya.Jurnal: UNESA

Azhar Arsyad, 2010. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dharmawati,(2017),Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business, Jurnal Sistem Informasi Volume: 01, Nomor: 01, ISSN 2579-5341 (online)

Dwiharja ML, (2015), Memanfaatkan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi, Prosiding Seminar Nasional 9 UNESA

Koesheryanti,2017 Simulasi dan komunikasi Digital.Bandung: PT HUB

Kusumah, dkk 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Novianto Andi, 2018, Simulasi dan komunikasi Digital. Jakarta : Erlangga

Nurpratiwi et al,(2015), Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture And Picture Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung.Geoedukasi Volume IV No.2.

Priowijanto, Gatot. 2013. Materi Simulasi Digital. Jakarta: Seamolec.

Purwanto, N. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahman Arief,(2015),Implementasi Media Edmodo untuk meningkatkan Prestasi Belajar Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Yogyakarta, Yogykarta: Skripsi

Sandjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2010. Proses danHasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Trianto, 2010 . Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Wahyuni Sri, 2018, Simulasi dan komunikasi Digital. Jakarta: Bumi Aksara

Diterbitkan

2020-03-12