PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Prima surya Zulianita SD Negeri Margoyasan Yogyakarta

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam  antara yang menggunakan metode problem based learning (PBL) berbasis online dengan metode ceramah. Jenis penelitian adalah problem based learning (PBL) semu. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t hitung  yang didahului uji homogenitas varian dan uji normalitas sebaran. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam  dengan metode Problem Based Learning  berbasis online dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 15,955 dan dengan metode ceramah tergolong sedang dengan nilai rata-rata 11,869. Hasil penelitian secara komparartif menyimpulkan ada perbedaan sangat signifikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam  siswa yang menggunakan metode Problem Based Learning  berbasis online dan metode ceramah dengan nilai thit = 2,838  dengan nilai p = 0,007 < 0,01.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranedamedia Group.

Birawan Cahyo Saputro. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-sifat Cahaya dengan Metode Inquiri pada Kelas V Semester II SD Negeri Sumogawe 04,†Jurnal Mitra Pendidikan. (Vol. 1 Nomor 9). Hlm. 925-937.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abada 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jamil Suprihatiningrum. 2017. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Taufiq Amir, M. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2011. Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanada Media Group.

Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranedamedia Group.

Diterbitkan

2020-03-12