PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar Ilmu Pegetahuan Alam siswadengan melakukan penelitian eksperimenyaitu nonequivalent control group design. Sampel penelitian yaitu Sekolah DasarNegeri Margoyasan kelas III-A berjumlah 20 siswa (kelas eksperimen) dan III-B berjumlah 21 siswa (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan Teknikdokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t hitung yang didahului uji homogenitas varian dan uji normalitas sebaran. Hasildariperhitungan penelitian bahwa nilaihasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan media video animasi thitung<ttabel (2.344<1.980) pada Sekolah DasarNegeri Margoyasan dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 15,955 dan dengan metode ceramah tergolong sedang dengan nilai rata-rata 11,869. Kesimpulandarihasil penelitiansecara komparatif bahwapenggunaan media video animasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Penegtahuan Alam siswa kelas III Sekolah DasarNegeri Margoyasan.
Kata kunci: video animasi, hasil belajar, ilmu pengetahuan alam
References
Daftar Pustaka
Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Arief S. Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono, Harjito. 2014. Media Pendidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Asyhar, Rayandra. 2015. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi
Daryanti, 2016. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Daryanto, 2016. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Priyatno, Duwi.2014. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS.Yogyakarta: Gava Media
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Samatowa, Usman. 2014. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Sudjana, Nana, Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta