PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Atin Laily Janah SD Negeri Margoyasan Yogyakarta

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar Ilmu Pegetahuan Alam siswadengan melakukan  penelitian  eksperimenyaitu nonequivalent  control  group  design. Sampel penelitian yaitu Sekolah DasarNegeri Margoyasan kelas III-A berjumlah 20 siswa (kelas eksperimen) dan III-B berjumlah 21 siswa (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan Teknikdokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t hitung yang didahului uji homogenitas varian dan uji normalitas sebaran. Hasildariperhitungan penelitian bahwa nilaihasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan media video animasi thitung<ttabel (2.344<1.980) pada Sekolah DasarNegeri Margoyasan dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 15,955 dan dengan metode ceramah tergolong sedang dengan nilai rata-rata 11,869. Kesimpulandarihasil penelitiansecara komparatif bahwapenggunaan media video animasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Penegtahuan Alam siswa kelas III Sekolah DasarNegeri Margoyasan.

Kata kunci: video animasi, hasil belajar, ilmu pengetahuan alam

Referensi

Daftar Pustaka

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arief S. Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono, Harjito. 2014. Media Pendidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Asyhar, Rayandra. 2015. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Daryanti, 2016. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto, 2016. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Priyatno, Duwi.2014. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS.Yogyakarta: Gava Media

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Samatowa, Usman. 2014. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks

Sudjana, Nana, Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2020-03-12